Cara Membuat Email Gratis di Yahoo dan Gmail

email
Cara membuat email - Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara membuat email baik itu di yahoo atau gmail, saya ingin menyampaikan kepada Anda tujuan artikel membuat email ini saya tulis yaitu sebagai langkah awal untuk membuat blog. Namun karena fungsi email sangat luas dan banyak, saya berasumsi bahwa Anda sudah pada tahu.

Email adalah singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesianya disebut Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet. Surat elektronik atau email memungkinkan kita dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada orang lain yang juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat cepat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah Yahoo, Gmail, Hot Mail dan masih banyak lagi. Penyedia layanan email umumnya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis. Nah, disini kita akan menggunakan layanan gratis membuat email yaitu di gmail dan yahoo. Berikut adalah langkah-langkah atau tutorial cara membuat email di Yahoo.

Membuat Email di Yahoo


1. Langkah awal membuat email baru yang harus kita lakukan adalah membuka browser yang sudah terkoneksi dengan internet (misalnya IE atau internet explorer, Mozila Fireox, Google Chrome, atau opera, ), selanjutnya masukkan alamat situsnya yaitu www.mail.yahoo.com pada kolom alamat atau address bar.

cara membuat email

2. Kemudian Anda akan dibawa kehalaman yahoo mail, kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.

yahoo mail

3. Perhatikan form aplikasi disebelah kanan, karena anda belum memiliki account di yahoo maka klik "Buat Account Baru" yang berada di kanan bawah.

cara buat email

4.Setelah Anda klik "buat account baru", maka Anda akan dibawa kehalaman seperti gambar dibawah ini untuk mengisi data peribadi Anda.

membuat email gratis

Keterangan Gambar:

  • My name is : isi dengan nama Anda, pada kolom first name isi dengan nama depan dan pada kolom last name ini dengan nama akhir Anda jika nama lengkap Anda memiliki 2 karakter kata.

Contoh:

First name: Joko
Last name: Susilo

  • Pick a Yahoo! ID: pilih alamat email yang anda sukai dan mudah diingat
  • Pick a password: masukkan password anda (pasword ini nantinya berguna untuk login/masuk ke yahoo mail, disarankan gunakan password yang unik agar orang lain tidak mengetahuinya dan jangan kasih tahu siapapun jika Anda tidak ingin email Anda dibajak oleh orang yang tidak berkepentingan dan bertanggung jawab.
  • Retype password: masukkan password yang sama seperti yang diatas.
  • I was born on: pilih sesuai tahun, bulan dan tanggal lahir Anda
  • My gender: Pilih jenis kelamin Anda, apakah Anda seorang wanita atau pria
  • Language: pilih bahasa yang digunakan (disarankan pakai bahasa indonesia saja jika anda tidak mengerti bahasa inggris atau bahasa lainnya)
  • Country: pilih negara dimana Anda tinggal

Untuk Mobile phone dan Alternative email, kosongkan saja.

Jika semuanya sudah selesai klik "Buat Akun Saya" atau "Creat My Accout".
Selanjutnya Anda Akan dibawa kehalaman seperti gambar dibawah ini:

cara membuat email gratis

5. Pilih pertanyaan rahasia dan jawab sendiri (ini akan digunakan jika nantinya Anda lupa password ketika Anda login ke yahoo), jika sudah isi kode yang tertera dengan benar kedalam form yang telah disediakan, lalu klik "Selesai"

6. Selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman berikutnya untuk memastikan data yang Anda masukkan benar, kemudian klik "Mulai" atau Get Started" yang berada dibawah untuk masuk ke email yang baru Anda buat.

Sekarang email Anda sudah selesai dibuat, untuk melihatnya silahkan klik menu email yang berada di kiri layar monitor Anda seperti gambar dibawah ini.

cara bikin email

Membuat Email di Gmail


Untuk cara membuat email di gmail hampir sama caranya dengan Anda membuat email di yahoo seperti tutorial yang telah saya jelaskan diatas. Nah, karena pembahasan membuat email di gmail cukup panjang, yang tidak memungkinkan saya menjelaskannya pada halaman ini, maka cara membuat email di gmail saya alihkan pada halaman dan postingan yang berbeda. Jika Anda lebih tertarik membuat email di gmail maka baca tutorialnya di halaman ini, cara membuat email di gmail.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

11 komentar :

  1. mantap, saya lebih pilih membuat email gmail sob

    BalasHapus
  2. mantap gan, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  3. sangat menarik tulisan tentang cara membuat email gratis di yahoo dan gmail... ini serta enak dibaca. semoga postingan ini memberikan manffat buat semua.

    BalasHapus
  4. selalu ada problem dengan no.hp pdhal saya gk bawa hp

    BalasHapus
  5. lengkap sekali ,, langsung bookmark siapa tau butuh..

    BalasHapus
  6. oh begitu ya caranya,,,

    saya jadi tau sekarang

    BalasHapus
  7. Saya mau tanya mas, kenapa setiap saya buat email baru gagal terus keterangannya no telepon anda melebih batas pembuatan email ? bagaimana solusinya

    BalasHapus
  8. Waduh mas, kalau saya tidak mencantumkan nomor handphone bisa tidak yah ?

    BalasHapus
  9. buat email yaho sekarang agak ribet yach nggak kayak dulu masih enakan pakai gmail kalau menurut saya..

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.