Panduan dan Tutorial Cara Edit HTML Template Blogger Baru

Panduan dan Tutorial Cara Edit HTML Template Blogger Baru - Beberapa waktu yang lalu blogger telah merubah tampilan pada halaman edit HTML. Namun saya belum sempat membuat artikel atau postingan mengenai hal ini, karena berbagai macam aktivitas. Berbagai pertanyaan dari salah satu sahabat super blog pedia yang menjadi faktor dan landasan saya tulis artikel ini sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut dan mungkin pertanyaan Anda juga dan sahabat blogger lainnya.

Tampilan edit HTML template blogger memang telah dirubah, namun yakinlah perubahan ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna blogger itu sendiri. Karena logikanya sangat tidak mungkin sekali perubahan ini tidak memiliki sebuah komitmen dan pertimbangan dari pihak blogger untuk menjadikan blogger menjadi lebih baik lagi. Namun yang menjadi permasalahannya sekarang adalah perubahan edit HTML ini masih belum diterima oleh sebahagian kalangan pengguna platform blogger, karena perubahannya juga mendadak. Sehingga mengakibatkan banyaknya pengguna blogger khususnya yang baru membuat blog merasa bingung untuk memodifikasi template blogger.

Mungkin masih teringat dalam benak kita, ketika blogger merubah tampilan dasbor lama ke dasbor blogger baru. Perubhan ini juga menjadi topik yang sering dibahas oleh banyak blogger dalam mensosialisasikannya. Sehingga paradigma yang menentang perubahan tersebut mengakui bahwa perubahan yang dilakukan oleh pihak blogger semata-mata untuk memudahkan dan menuju ke arah yang lebih baik. Begitu juga dengan perubahan edit HTML blogger yang kita rasakan saat ini.

Cara Edit HTML Template Blogger Baru


Ada beberapa penambahan dan pengurangan/penghapusan dari fitu edit HTML template blogger diantaranya yaitu:

  1. Dihapusnya Expand Template Widget yang menampilkan seluruh kode HTML, JavaScript maupun CSS yang membentuk template blogger.
  2. Penambahan tombol jump to widget/lompat ke widget yang berfungsi untuk menampilkan sebuah widget tertntu dalam template blogger yang memudahkan kita untuk mengedit bagian widget yang kita sesuaikan.
    edit html template blogger
  3. Penambahan tombol Revert Changes/Kembalikan Perubahan yang berfungsi untuk memulihkan/ mengembalikan dan membersihkan pengeditan yang dilakukan ke semula.
  4. Pratinjau Template kini menyatu dan tampil dalam Editor Template, seperti Macromedia Dreamweaver.
  5. panduan edit template blogger
  6. Penambahan tombol Format Template, untuk menyusun tag dan kode yang ditambahkan pada template blog.
  7. Menggunakan sistem Collapse, untuk menyembunyikan dan menampilkan kode (klik tanda ► disamping nomor urut kode).

    tutorial edit template blog baru
  8. Penambahan fungsi Ctrl+Shift+F dan Ctrl+Shift+R

Jika Anda ingin edit template blog dan ingin menemukan kode yang ingin di edit, untuk mempermudah pencarian kode, maka tentukan dahuulu bagian template mana yang di edit (baca poin ke 2 diatas). Lalau tempatkan cursor pada kode editor lalu tekan CTRL+F atau tekan F3 untuk mencari kode.

cara edit html template blog baru

Saya rasa cukup mudah dan tidak ada yang sulit, untuk itu saya akhiri artikel panduan dan tutorial cara edit html template blogger baru ini, semoga bermanfaat dan menjawan segala kebingunangan Anda. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapat panduan blogger terbaru dan informasi menarik lainnya. Silahkan berlangganan artikel via email gratis jika anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, serta me-like fanspage facebook super blog pedia untuk mengetahui update artikel melalui facebook.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

25 komentar :

  1. mas poin ke 4 aku kurang paham

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya tampilan untuk edit HTML blog pada blogspot masih menggunakan fitur yang sama. Sebagai pengguna blogspot saya merasa senang karena blogspot selalu berinovasi memberikan fitur dan layanan terbaik kepada para penggunanya.

    BalasHapus
  3. kalau ketika kita buka edit html baru itu cuma halaman blank saja yang tampil tanpa ada kode-kode, masalahnya terletak dimana y mas?

    BalasHapus
  4. pelajaran yang besar adalah untuk memperbaiki kesalahan sekecil apapun.

    BalasHapus
  5. Makasih Infonya Sob, Sangat Bermanfaat Buat Admin Info Terbaru 2013.

    BalasHapus
  6. makasih mas atas panduannya, sambil buka edit html nih saya.

    BalasHapus
  7. mungkin karena masih baru kali ya, jadi sedikit agak bingung. tapi jujur tambah lebih keren nih tampilanya.

    BalasHapus
  8. Caranya. Masuk di edit HTML nya,lalu klik sembarang...
    Ctrl+A, Ctrl+Copy, Ctrl+Delete, dan Ctrl+V (paste) kembali kode tadi. itu baru ctrl+F pasti muncul tempat search bagian kanan atas. klik disitu,cari kode yang anda cari pasti dapat. silakan baca cara edit HTML di bawah ini...

    golotota.blogspot.com/2013/08/cara-mengedit-html-blogger-dan-memasang.html

    BalasHapus
  9. Mkasih infonya... Kebetulan lagi cari artikel tntg edit html... Di tunggu kunbalnya yah

    BalasHapus
  10. terima kasih mas atas infonya ..,
    penggunaan bahasanya bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  11. thanks infonya,sangat membantu buat newbie
    http://ryzryan.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Panduan edit html-nya sangat membantu gan. Terimakasih.

    BalasHapus
  13. lumayan buat ane yang masih newbie

    BalasHapus
  14. lumayan penjelasannya singkat padat mantap (y) ,, gan, kunjung ke blog ane dong... minta pencerahannya kurangnya dimana ( http://www.tanyatedy.com/ ) semoga ane bisa jadi murid ente

    BalasHapus
  15. makasih gan infonya ,, saya coba dulu semoga berhasil www.creampemutihkulitocie.blogspot.com

    BalasHapus
  16. terima kasih. informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.