Tips dan Cara Mempercepat Loading Blog

Tips dan Cara Mempercepat Loading Blog - Salah satu teknik untuk meningkatkan pengunjung blog adalah mempercepat atau meringankan loading blog. Disamping itu ringannya template blog merupakan salah satu faktor template yang seo friendly. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya loading blog diantaranya yang paling sering terjadi adalah karena memang kecepata intenet yang sering anda pakai untuk membuat blog atau melakukan aktifitas blogging. Disamping itu juga loading blog yang lambat disebabkan oleh banyaknya penggunaan kode javascript didalam template blogger yang Anda pakai.

Cara mempercepat loading blog merupakan fenomena tersendiri dikalanagan blogger karena apabila blog lambat akan mengurangi kenyamanan, tidak hanya pengunjung blog, mungkin juga Admin blog itu sendiri. Jika Anda tidak ingin bersusah payah untuk melakukan optimasi blog khususnya meringankan loading blog, salah satu cara yang saya sarankan adalah ganti template blog anda dengan template blogger yang memiliki loading yang cepat. Salah satu template blog koleksi saya dan yang paling saya suka adalah template blogger seo freandly yang memiliki kecepatan loading yang luar biasa. Anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis namun tidak boleh menghapus link creditnya.

mempercepat loading blog

Kembali ke pokok pembahasan kita mengenai tips dan cara mempercepat loading blog. Berikut ini akan saya paparkan tips meringankan loading blog seperti yang dapat Anda baca dibawah ini

Tips Mempercepat Loading Blog


1. Penggunaan Gambar dan Media (Video)

Sebelum Anda memposting artikel blog yang menggunakan banyak gambar di dalamnya saya sarankan untuk mengkompresnya. Disamping itu pula jika di dalam postingan blog terdapat video saya sarankan kepada Anda untuk memperhitungkannya. Jika video itu tidak begitu penting dan masih ada alternatif yang lebih efektif gunakan alternatif tersebut.

2. Penggunaan Widget di dalam Template Blog

Penggunaan widget terlalu banyak di blog akan menyebabkan loading blog menjadi lambat karena link serta script yang terdapat pada widget tersebut juga akan diload. Semakin banyak widget yang dipasang di blog maka loading blog pun semakin bertambah berat. Saran saya gunakan widget yang pengting-penting saja untuk blog Anda misalnya seperti widget histats, fanspage facebook dan lain-lain. Untuk widget seperti jam, kelender, musik saya sarankan jangan dipasang karena menurut saya itu tidak begitu penting, dan dampak negatifnya lebih besar daripada dampak positifnya.

3. Pemakaian Kode JavaScript Berlebihan

Memakai kode javascript dalam template blog memang tidak dapat dihindari, akan tetapi kita dapat meminimalisr penggunaan javascript sesuai kebutuhan. Ketika anda terlalu banyak menambahkan kode ini kedalam template blog Anda, maka yang akan terjadi adalah ketika load saat pengunjung membuka halaman di salah satu website atau blog Anda akan menunggu lama. Hal ini dapat berakibat buruk terhadap perkembangan blog Anda. Kita lihat saja website tenama seperti facebook atau google, bukankah website tersebut memiliki loading yang cepat?

4. Eksternal Link

Eksternal link adalah link yang terdapat di dalam blog yang mengarah ke website atau blog lain. Semua link akan terload/dibaca ketika pengunjung membuka website atau blog hingga dapat tampil sebagaimana wujud yang sebenarnya muncul dilayar monitor. Untuk itu saya sarankan kepada Anda jangan terlalu banyak memasang link dari luar blog, selain memperlambat loading blog juga berpengaruh terhadap SEO blog anda sendiri. Jika Anda menggunakan link dari luar, usahakan dalam satu wadah saja, seperti link ke google code atau link gambar/image dari blogger yang masih dalam satu hosting.

Mungkin hanya itu saja tips dan cara mempercepat loading blog yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat. Kunjungi terus super blog pedia untuk pendapatkan panduan blogger terbaru serta SEO.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

11 komentar :

  1. met pagi sob, blog kamu ringan banget sob, ngak kaya blogku sob, coba saca kamu cek blogku pasti lola banget sob :-)

    BalasHapus
  2. makasih ya, blog ane emang berat!
    Tapi ane terlanjur suka!

    Hehe

    psantrenonline.blogspot.com

    BalasHapus
  3. THanks info nya bro...........

    mohon kunjungan baliknya............ehehehe

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, akhirnya nemu juga yang ngepost ini. makasih ya. Do`ain moga sukses saat memanfaatkannya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas infonya ya gan. Saya akan coba tips yang agan berikan untuk mempercepat loading blog kita.

    Silahturahmi ke blog saya yang sederhana ya gan.

    BalasHapus
  6. Salam kenal gan!! Trims gan infonya.. Segera ane jajal satu persatu tipsnya, semoga blog ane tambah ngacir!!

    BalasHapus
  7. ternyata widget juga berpengaruh ya, baru tahu dah
    trims infonya

    BalasHapus
  8. makasih gan tipsnya....salam kenal dari saya gan.
    saya ingin mengajak agan untuk tukar link, jika agan bersedia kunjungi link berikut.
    http://blog-medianet.blogspot.com/p/tukar-link.html

    BalasHapus
  9. Trims infonya gan... Mantap!

    BalasHapus
  10. Keren sob unutuk tutorialya sangat bermanfaat, terimakasih. Akan saya coba langsung di blog saya http://penumbuhrambutbotak.org/

    BalasHapus
  11. terimakasih banyak sob infonya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.