Tips dan Cara Mengembalikan Semangat Blogging

Tips dan Cara Mengembalikan Semangat Blogging - Tidak sedikit blogger yang sudah lama membuat blog mengalami penurunan semangat untuk terus eksis dalam aktivitas atau kegiatan blogging. Sebenarnya hal tersebut memiliki banyak faktor, namun salah satu faktor yang paling sering ditemui mengapa banyak blogger yang mengalami penurunan untuk meneruskan kegiatan blogging adalah adanya aktivitas (pekerjaan) lain sehingga tidak dapat online dan membagi waktu untuk memanage dan memaintenance blog atau website yang telah dibangunnya sejak lama. Bahkan yang paling ironi lagi adalah ketika website atau blog yang dimilikinya sudah memiliki reputasi baik itu di search engine maupun dimata pengunjung setiannya.

Sebenarnya hampir kebanyakan blogger yang mengalami hal ini, dan begitu pula dengan saya atau Anda yang sedang mengalaminya. Akan tetapi hanya beberapa blogger saja yang mampu bangkit dan memotivasi dirinya untuk meneruskan kegiatan blogging. Jika kita menikmati aktivitas blogging ini, segala permasalahan yang kita jumpai didalamnya akan mudah kita selesaikan. Karena saya sudah mengalami hal tersebut, dan ingin berbagi pengalaman kepada Anda selaku blogger yang baru membuat blog. Sehingga Anda dapat meneruskan niat mulia untuk berbagi ilmu pengetahuan ataupun informasi bermanfaat yang Anda ketahui kepada orang banyak khususnya pengguna internet.

semangat blogging

Tahukah Anda, secara fundamental membangkitkan semangat blogging sangat sederhana, namun Anda dituntut untuk konsisten dalam cara melaksanakannya. Jika Anda besikukuh untuk ingin tahu, saya akan membeberkannya secara gamblang pada artikel/postingan ini.

Tips Mengembalikan Semangat Blogging


Beriktu ini ada beberapa tips dan cara sederhana agar semangat blogging Anda kembali menggelegar seperti sidiakala.

1. Apa Visi dan Misi Anda Membuat Blog

Pertanyaan ini adalah hal yang paling mendasar ketikan Anda memutuskan untuk blogging. Karena tanpa visi dan misi, aktivitas blogging akan hambar, sama halnya anda hidup tentu memiliki visi dan misi untuk mencapai target-target hidup yang ingin dicapai. Tidak hanya itu, sebagaimana kata bijak mengatakan bahwa "semangat saja tidak cukup untuk segala pencapaian, juga harus dibubuhi visi dan misi". Untuk itu mulai dari sekarang, sebelum Anda melanjutkan aktivitas blogging ini, tentukan visi dan misi Anda dan tetapkan target-target yang ingin Anda capai.

2. Management Waktu

Setelah Anda menetapkan visi dan misi blogging, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur waktu untuk mengurus website atau blog yang Anda miliki. Biasa ketidakteraturan kegiatan blogging dapat membuat kita jenuh atau bosan, dan hal ini juga yang dapat menurunkan semangat Anda blogging. Anda dapat memanage blog atau website Anda diwaktu luang atau dihari-hari tertentu, dengan demikian blog atau website Anda terawat dan nampak hidup.

3. Fokus

Biasanya banyak blogger yang terlalu tamak untuk membahas berbagai kategori artikel untuk dimuat di dalam blog atau website yang dimilikinya. Mulai dari panduan blogger, teknik seo, hingga berbagaimacam berita dan informasi diluar pengetahuannya. Sehingga karena terlalu banyak kategori artikel yang dimuat, menjadikannya kualahan dalam mengelola blog. Hal inilah yang menjadi indikasi mengapa banyak blogger melakukan plagiat (copy-paste) artikel dari blog tetangga tanpa mengetahui manfaat atau makna dari artikel yang diduplukatnya. Saran saya, fokuslah menulis artikel di blog dalam ruang linkup Anda atau spesialisasi Anda, dengan katalain apa yang telah Anda kuasai, sehingga rasa jenuh yang menyebabkan menurunnya semangat blogging terhindar.

4. Istirahat Untuk Mendapatkan Inspirasi

Adakalanya kita untuk cuti sejenak dari aktivitas blogging dengan maksud dan tujuan untuk memfreshkan pikiran sembari mencari ide atau inspirasi baru yang akan kita tuangkan kedalam artikel yang kita tulis di blog. Hal ini juga perlu dilakukan, karena rutinitas diluar dari aktivitas blogging juga dapat membuat mumet kepala sehingga menimbulkan malas untuk menulis artikel di blog.

5. Cintai Aktivitas Blogging

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa sebenarnya kegiatan blogging ini merupakan kegiatan yang mulia. Artinya kita menjadi bermanfaat atas orang lain dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat dan bukan hoax. Disamping itu pula dengan kecintaan kita terhadap kegiatan ini menjadikan kita rindu ketika kita meninggalinya dengan alasan apapun. Seperti halnya dengan saya, sehari saja tidak online atau membuka blog rasanya gelisah sankin cintanya pada super blog pedia ini.

Karena sudah terlalu panjang, maka saya cukupkan sampai disini dulu artikel tips dan cara mengembalikan semangat blogging, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin menambahkannya, silahkan dimuat pada kotak komentar dibawah ini.

Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan artikel baru yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya. Agar Anda tidak ketinggalan, silahkan berlangganan artikel melalui form berlangganan dibawah ini, dan jangan lupa Share dan Like, agar artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat blogger lainnya.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

18 komentar :

  1. rasa malas ngeblog terkadang memang menjengkelkan :D
    makasih infonya

    BalasHapus
  2. Thanks infonya gan
    kunjungi balik >>> novaibnu.blogspot.com

    BalasHapus
  3. makasih sob pencerahannya

    BalasHapus
  4. saya rasa saya kurang fokus dan gak punya visi. Makanya blog jadi nggak jelas gini.

    BalasHapus
  5. makasih gan:) semangat kembali akhirnya berkat blog ini :)
    mampir ya ksks-blog.blogspot.com

    BalasHapus
  6. tips yang bermamfaat.
    jadi semangat lagi...

    BalasHapus
  7. tingkat titik kejenuhan emg pasti gan, tinggal gmn mnyikapinya,... mksh gan,...

    BalasHapus
  8. SALAH!
    kalau tidak baca blog ini

    BalasHapus
  9. informasinya membantu sekali....makanya saya senang berkunjung kesini.....kalau biasa tulisan soal ini diupdate terus gan....

    BalasHapus
  10. Brarti tantangannya adalah menentukan topik/ isi dr blogspot agar fokus pada sedikit materi yg bener2 dibutuhkan...makasih infonya gan

    BalasHapus
  11. Tips yg sangat bagus mas. Akhir-akhir ini saya semakin malas mengupdate blog. Selain managemen waktu yang tidak tepat. Keterbatsan inspirasi juga sangat mempengaruhi mood ngeblog. Terimakasih. Luangin waktu untuk menengok blog saya ya mas. Minta pendapatnya !

    BalasHapus
  12. Saya pemula, saya belum punya dan belum memiliki sesuatu yang spesialis, trimakasih atas informasinya

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.