Lowongan Penerimaan CPNS 2013 Segera Dibuka

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan mengenai lowongan penerimaan CPNS tahun 2013 baru-baru ini, dari berbagai media masa khususnya internet bahwa seusai lebaran nanti sebannyak 295 instansi pemerintah akan membuka pendaftaran rekrutmen CPNS. Pengumuman lowongan pendaftaran CPNS dilakukan sekitar pekan ketiga atau pekan keempat Agustus 2013. Hal ini juga merupakan jawaban atas pertanyaan oleh banyak sahabat blogger dan jobseekers khususnya yang ingin melamar dan menjadi PNS pada informasi yang sebelumnya yaitu penerimaan cpns 2013 serta syarat dan pendaftaran cpns tahun 2013.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, untuk seleksi CPNS pelamar umum ini direncanakan menggunakan sistem computer assisted computer (CAT), yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November,” ujar Azwar seperti dikutip detikFinance, Kamis (18/7/2013).

Dari 295 instansi yang akan menggelar seleksi CPNS dimaksud, terangnya, terdiri dari 68 kementerian/lembaga, 30 pemerintah provinsi, serta 197 kabupaten/kota.

Ditambahkan Kepala BKN Eko Soetrisno, saat ini di kantor pusat BKN tersedia dua CAT station dengan kapasitas 140 komputer. Sedangkan di daerah tersedia 600 komputer yang tersebar pada 12 kantor regional (kanreg), masing-masing 50 komputer.

Ke-12 Kanreg dimaksud adalah Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses).

Lowongan CPNS 2013


Sebanyak 29 kementerian dan 36 lembaga akan melakukan seleksi CPNS yang tahun 2013 ini formasinya ditetapkan sebanyak 20.000. Sedangkan pemerintah daerah yang mendapatkan tambahan formasi CPNS 40 ribu dari jalur umum, sebanyak 225, terdiri dari 33 pemerintah provinsi dan 192 kabupaten/kota. Penyerahan tambahan formasi CPNS dilakukan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam Rakor CPNS di Jakarta, Kamis (18/07).

lowongan cpns 2013

Berikut ini kementerian yang akan membuka lowongan CPNS dari jalur umum tahun 2013:

  1. Kementerian Koordinator Bidang Polhukam
  2. Kementerian Koordinator Bidang Kesra
  3. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  4. Kementerian Dalam Negeri

Khusus untuk rekrutmen di Pemkab/Pemkot jumlah 40.000 belum bisa menutup kebutuhan CPNS di daerah. Rekrutmen CPNS tahun ini menggunakan sistem baru. Sementara itu untuk Pemkot Solo, tahun 2013 ini Pemkot menunda rekrutmen CPNS. Hal ini dikarena pos belanja pegawai telah menjadi 59,53%. Sekda Pemkot Solo, Budi Suharto mengatakan Pemkot belum berniat memanfaatkan kelonggaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara yang membolehkan rekrutmen meski belanja pegawai di atas 50% APBD.

''Perincian instansinya, saya tidak hafal. Jumlah lowongannya seperti yang sudah saya sebutkan beberapa waktu lalu,'' katanya setelah rapat koordinasi pengadaan CPNS 2013 di Jakarta ungkap Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, Kamis (18/7).

Total kursi CPNS baru yang disediakan sekitar 60 ribu. Terdiri atas, 20 ribu kursi untuk instansi pusat dan 40 ribu untuk instansi daerah. Azwar mengungkapkan, untuk instansi pusat, pihaknya meminta tambahan lagi 5 ribu kursi. Namun, permintaan tersebut belum mendapat jawaban tertulis dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Sebagian tambahan alokasi CPNS baru itu bakal disalurkan untuk Kemenkeu. ''Mereka bilang kekurangan tenaga urusan pajak. Sebab, Kemenkeu berjanji menggenjot penerimaan pajak,'' jelasnya.

Untuk instansi daerah, Azwar menyatakan, jumlah kursi CPNS baru tetap berkisar 40 ribu kursi. ''Itu saja belum terserap penuh jika diturunkan dalam formasi,'' katanya. Artinya, alokasi untuk instansi daerah masih bersifat sementara.

Sejauh ini, Kemen PAN-RB belum melansir secara terperinci nama instansi yang mendapat alokasi CPNS dari pelamar umum atau nontenaga honorer. Sebab, masih ada 10 instansi yang menunggu teken atau persetujuan menteri PAN-RB. Menurut rencana, publikasi dilakukan hari ini.

Azwar mengungkapkan, ada banyak alasan sehingga beberapa instansi tidak menerima alokasi CPNS dari pelamar umum. Salah satunya, instansi tersebut memang sama sekali tidak meminta formasi atau alokasi CPNS baru pelamar umum. ''Meski yang lain meminta jatah, bisa saja ada instansi yang tidak minta. Apakah tidak boleh?'' ujarnya.

Menteri yang juga politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai, setiap instansi punya alasan untuk meminta atau tidak jatah CPNS baru. Bisa jadi PNS di instansi tersebut masih penuh. Kalaupun ada kekurangan, bisa ditambal dari alokasi pengangkatan CPNS baru dari pelamar tenaga honorer kategori II (K-2).

Penerimaan pelamar tenaga honorer hanya diikuti tenaga honorer K-2 yang memenuhi kriteria. Saat ini, jumlah tenaga honorer K-2 yang siap mengikuti tes mencapai 611 ribu orang. Padahal, alokasi CPNS baru dari pelamar tenaga honorer K-2 hanya sepertiga jumlah tersebut. Tes untuk kelompok itu menggunakan lembar jawaban komputer, sedangkan untuk pelamar umum menggunakan computer assisted test (CAT).

Selain itu, instansi tidak menerima alokasi CPNS baru karena belanja pegawainya lebih dari 50 persen dari APBD yang disiapkan. ''Aturan ini tetap dijalankan sebagai hasil kebijakan moratorium penerimaan CPNS baru dulu,'' ungkap Azwar.

Penerimaan CPNS 2013 menggunakan kebijakan afirmasi. Pemerintah menyiapkan 62 formasi di kementerian/lembaga untuk pelamar cacat. Selain itu, ada 140 formasi untuk atlet berprestasi sebagai pelatih olahraga yang ditempatkan di provinsi, kabupaten, dan kota. Ada juga 100 formasi untuk putra-putri potensial dari Papua dan Papua Barat.

Demikian informasi seputar lowongan penerimaan cpns 2013 yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melamar sebagai CPNS. Jika ada informasi terbaru mengenai CPNS maka akan saya update pada halaman yang berbeda. Untuk itu pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia, agar tidak ketinggalan informasi terbaru cpns tahun 2013 ini.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk Like dan Share serta memberi G+1 pada artikel ini, sehingga keluarga, sahabat serta teman Anda yang ingin ikut melamar sebagai CPNS juga membacanya. Untuk persiapan tes CPNS saya sarankan kepada Anda agar melatih diri untuk mengerjakan soal CPNS dan membaca artikel tips lulus dan contoh soal CPNS.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

6 komentar :

  1. trimakasih infonya.. sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya. Izin share ke yang lain ya....

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di share, semoga informasi dan lowongan cpns 2013 ini bermanfaat buat yang lainnya

      Hapus
  3. Terima Kasih infonya..
    Untuk wilayah kota Tebing Tinggi jurusan apa saja yah yg dibutuhkan ? Kalau saya Sarjana Ekonomi., kira kira ada gak yah ?
    Terima kasih sekali lagi :)

    BalasHapus
  4. Kebanyakan Orang Indonesia, memanglah masih mendambakan menjadi PNS.
    Salam dari Pulau Tidung

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.