Tips dan Cara Cepat Beradaptasi dengan Tim Baru

Cara cepat beradaptasi dengan tim baru - Salah satu elemen penting untuk meraih kesuksesan karir dalam pekerjaan dapat diraih dengan mendapatkan kenyamanan dalam bekerja. Tidak jarang seorang karyawan yang berkerja disalah satu perusahaan yang membentuk tim dalam bekerja merasa tidak nyaman dengan timnya. Sebenarnya hal ini memang yang menjadi salah satu faktor buruknya kinerja sebuah tim atau bekerja dalam tim. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan sering mengadakan kegiatan-kegiatan seperti outbound bagi karyawannya. Mengapa demikian? karena dengan kegiatan tersebut diharapkan kepada setiap calon karyawan baru dapat dengan cepat beradaptasi dengan tim barunya.

beradaptasi dengan tim

Bekerja dengan baik dalam sebuah tim merupakan elemen yang penting di tempat kerja, dan beradaptasi dengan tim baru merupakan hal yang tidak mudah. Membuat kesan pertama yang positif adalah langkah pertama untuk membentuk hubungan kerja yang positif untuk selanjutnya dapat berintegrasi secara penuh di dalam tim. Berikut adalah beberapa tips untuk mempermudah Anda beradaptasi dengan tim baru.

Cara Beradaptasi dengan Tim Baru di Pekerjaan


Berikut ini saya akan menguraikan beberapa tips dan cara cepat bagaimana Anda mampu beradaptasi dengan tim baru yang Anda miliki di pekerjaan yang sedang Anda geluti sekarang.

1. Menjadi seorang pengamat

Untuk dapat secara sukses beradaptasi dengan tim baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamati peran setiap anggota tim and dinamika di dalamnya. Amati apakah ada ritual tertentu dalam tim, seperti istirahat coffee break pada jam tertentu dan mencoba membantu ketika waktu tersebut datang di kemudian hari. Cara terbaik untuk beradaptasi dengan tim baru adalah dengan ikut serta dengan dinamika yang sudah ada dan hubungan kerja yang memang sudah terbentuk sebelumnya. Jika tim tersebut baru saja terbentuk, maka Anda disarankan untuk berdiskusi mengenai tujuan dari tim, metode komunikasi yang digunakan, dan putuskan apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu.

2. Mengenali setiap anggota tim

Secara alami Anda akan merasa lebih cocok dengan sebagian anggota tim daripada anggota lainnya. Sangat penting bahwa sejak awal Anda berusaha untuk kenal dengan setiap anggota dan menghindari hanya bergaul dengan anggota yang Anda rasa lebih nyaman untuk diajak bicara. Jika Anda tidak berusaha sejak awal, maka akan semakin sulit untuk membangun ikatan dengan anggota lainnya di masa yang akan datang.

3. Melakukan kewajiban Anda

Sayangnya menjadi anggota baru berarti Anda harus melakukan kewajiban lebih banyak. Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas, khususnya pekerjaan yang tidak ingin dilakukan oleh siapapun. Tawarkan kopi kepada anggota lain ketika Anda membuat untuk diri Anda sendiri dan tawarkan bantuan kepada rekan kerja yang sedang menghadapi deadline ketat dan membutuhkan bantuan.

4. Puji orang lain ketika mereka melakukan pekerjaan mereka

Bagian dari menjadi bagian dari tim adalah mengenali kontribusi dari rekan lainnya. Bahkan ketika Anda mengerjakan sebagian besar pekerjaan dari sebuah proyek, puji anggota tim lainnya yang telah membantu pekerjaan Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda berkomitmen atas kesuksesan seluruh tim dan bukan hanya kepada ambisi pribadi Anda.

5. Ikut serta dalam aktivitas grup

Jika tim baru Anda bertemu sebulan sekali untuk berkumpul setelah bekerja, coba ikut serta sesering mungkin. Seluruh aktivitas grup atau acara sosial merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mengenal rekan kerja Anda di luar jam kerja. Hal ini juga dapat membantu membangun hubungan kerja yang baik ketika orang lain merasa nyaman dengan Anda di luar kantor.

6. Meminta masukan

Jika Anda baru dalam sebuah ti, mungkin Anda perlu menanyakan kepada tim apakah metode utama komunikasi yang digunakan dan apa harapan yang mereka miliki. Sangat meungkinkan untuk bertanya kepada manajer tim mengenai diri Anda sambil Anda berusaha untuk menguasai peran Anda di dalam tim.

7. Cari tahu cara Anda menyesuaikan diri

Bagian dari memiliki tim dengan dinamika yang baik adalah dengan mempelajari kepribadian,keahlian, dan kemampuan fisik setiap orang dalam tim. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak masuk ke dalam tim dan secara tiba-tiba berusaha mengubah cara tim tersebut mengerjakan sesuatu. Kenali peran setiap anggota dan gunakan keahlian Anda untuk mengisi posisi yang kosong. Sangat penting untuk mengetahui dimana posisi Anda dalam tim agar Anda merasa memberi kontribusi yang berarti.

Artikel karir yang harus Anda baca:

Beradaptasi dengan sebuah tim di tempat kerja mungkin saja tidak mudah. Dengan mengamati dinamika tim, menunjukkan komitmen dan menggunakan taktik dasar Anda akan mampu untuk beradaptasi dengan tim baru Anda secara cepat. Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang saya uraikan diatas dengan konsisten, maka disetiap Anda masuk kedalam sebuah lingkunagan baru baik itu diperusahaan atau ditempat lainnya, maka Anda akan mampu beradaptasi dengan tim Anda dan setiap orang dengan cepat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda dan siapun yang membacanya. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan artikel serta informasi karir dan lowongan kerja yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan dibawah ini. Namun sebelumnya saya sangat senang sekali jika Anda bersidia meluangkan sedikit waktu untuk share/like fanspage facebook serta follow twitter super blog pedia dan memberi G+1 pada artikel tips dan cara cepat beradaptasi dengan tim baru diatas. Sehingga teman, sahabat ataupun orang terdekat Anda juga dapat membacanya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

0 komentar :

Posting Komentar


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.