Update dan Upgrade Strategi SEO Anda

Strategi search engine optimization (SEO), seiring dengan perkembangan teknik seo, baik itu yang berkenaan dengan seo on page dan seo off page, ada beberapa hal yang ingin saya utarakan pada artikel yang saya tuliskan pada kesempatan yang berbahagia ini. Kita mengenal bawasannya search engine optimization atau SEO itu memiliki dasar-dasar yang sederhana namun sering sekali dalam pengaplikasiannya tentu tidak sesederhana apa yang kita pahami. Sebenarnya banyak webmaster atau master seo mengatakan bahwa seo itu sendiri adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? tentu ada sebabnya bukan? Nah, berkenaan dengan hal ini saya ingin menjelaskan alasan mengapa banyak master seo indonesia yang mengatakan demikian.

Sebagai seorang mengamati dan menganalisa teknik seo, saya sendiri mengalami kesulitan dalam memahami berbagai macam cara master seo dalam melakukan optimasi blog dan website. Memang benar "beda lubuk maka berbeda pula ikannya" lain orang lain pula caranya dalam melakukan optimasi blog dan website. Walaupun demikian bagi saya SEO seindiri hanya ada dua kategori, yaitu seo on page dan seo off page. Akan tetapi dua teknik seo tersebut memiliki beberapa sub yang menjadi himpunan dari masing-masing bagiannya. Hal ini sudah pernah saya tulis dan jelaskan pada halaman seo on page serta seo off page.

SEO

Karena sifat saya yang terus penasaran terhadap hal yang belum saya ketahui,  saya melakukan analisa serta uji coba terhadap berbagai teknik seo yang sedang berkembang. Sehingga saya dapat meng-update dan upgrade terhadap pemahaman saya mengenai seo. Untuk itu saya terjun dengan mengikuti beberapa perlombaan seo atau sering kita sebut dengan kontes seo pada gebyar kontes seo terbaru saat sekarang ini. Ada beberapa hal yang menjadi penilaian saya saat mengikuti kontes seo dalam hal melakukan optimasi sebuah halaman yang akan saya uraikan berikut ini.

Strategi SEO


Bagi Anda yang terjun dan berkecimpung langsung dalam dunia seo dan internet marketing, salah satu hal yang terpenting untuk memajukan bisnis online Anda adalah melakukan update serta upgrade teknik dan cara dalam melakukan optimasi website atau toko online Anda. Dengan demikian Anda dapat mempertahankan posisi website yang Anda miliki dalam serp, baik itu google.com, bing.co.id, yahoo.co.id maupun search engine lainnya.

Berbeda dengan saya yang selalu mengamati serta menganalisa dibarengi dengan praktek-praktek untuk membuktikan teknik seo yang faktual ataupun hanya sekedar opini belaka. Sama halnya seperti Anda yang juga ingin mendalami SEO, apa yang saya lakukan mungkin juga Anda lakukan untuk membuktikan seberapa jauh perkembangan SEO yang Anda pahami.

Dalam mendalami ilmu SEO, seperti yang telah saya sampaikan, saya mencoba untuk terjun langsung dan berbaur serta bersaing dengan orang-orang yang juga sedang mendalami seo ataupun master seo dalam ajang kontes seo. Kita sebut saja review artikel kontes seperti yamaha r15 dan yamaha r25 motor sport racing dan kencang serta singgasana hotels & resorts pilihan akomodasi terbaik di indonesia. Ada beberapa hal yang janggal saat saya melakukan sedikit optimasi pada riview artikel tersebut. Misalnya pada review yamaha motor sport racing, saat saya mempublikasikan artikel ini, posisi halaman artikel ini langsung mendapatkan peringkat nomor satu di serp google.co.id. Namun begitu saat saya ingin membuat pondasi berupa link building dengan cara share artikel tersebut ke beberapa forum dan situs social bookmark dofollow, beberapa hari kemudian halaman artikel terseut hilang dari serp google. Padahal saya melakukan link building tersebut tidak secara membabi buta (over optimization) dan hanya beberapa situs dofollow saja. Tentu kejadian ini sangat mengejutkan bagi saya, karena yang saya tahu ketika kita melakukan link building dalam hal mendapatkan backlink harus dilakukan dengan cara bertahap agar tidak terdeteksi spam oleh robot google seperti pinguin maupun panda.

Berbeda halnya dengan review artikel kontes seo lainnya seperti sewa mobil dimasrentcar dan camry mobil hybrid terbaik indonesia. Saya mendapati saat artikel tersebut di publikasikan, sama sekali diluar apa yang saya harapkan. Posisi halaman camry mobil hybrid maupun sewa mobil dan asus zenfone smartphone android terbaik tidak berada pada halaman pertama di google.co.id melainkan terdampar pada halaman dua dan tiga. Namun selang beberapa hari halaman tersebut mengalami gejolak dan befrekuensi naik maupun turun di serp seiring dengan banyaknya peserta yang mengikuti kontes seo tersebut dengan keyword yang sama.

Karena tidak ingin anjlok, saya mencoba untuk melakukan sedikit optimasi dengan cara seo on page saja untuk awal optimasinya. Apa yang terjadi? kedua halaman tersebut sudah mulai stabil di serp dan mulai sedikit ada peningkatan secara perlahan dan mungkin akan terus meningkat.

Seiring dengan masih adanya penasaran dibenak saya, saya terus melakukkan searching terhadap kontes seo yang sedang di selenggarakan untuk terus menganalisa perkembangan seo dan meningkatkan kemampuan saya terhadap ilmu seo ini. Setelah itu saya menemukan satu kontes seo yang menurut saya pesertanya tidak sebanyak kontes seo yang telah saya ikuti sebelumnya saat itu, yaitu kursus komputer murah terbaik di jakarta.

Karena tidak ingin kecolongan posisi di serp saya pun melakukan optimasi pada halaman tersebut dengan memperbanyak backlink sehari saat artikel dipublikasikan. Artikel tersebut menduduki posisi pertama di google.co.id. Akan tetapi 4 hari kumudian halaman atau artikel mulai merosot jauh di serp yang saat ini tutrun hingga berada pada halaman ke dua di google.co.id.

Kesimpulan


Dari apa yang saya alami dan saya ceritakan, saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai teknik seo sesuai perkembangannya dengan praktek mengikuti kontes seo yang telah saya sebutkan. Analisa tersebut saya lakukan guna membuktikan teknik seo faktual maupun hanya sekedar opini yang sering dituliskan oleh banyak blogger di blognya masing-masing. Untuk itu saya ingin menyampaikan kepada Anda bahwa, tidak selamanya apa yang Anda baca di internet sesuai keadaan. Anda perlu melakukan sedikit uji coba dan menganalisa sendiri terhadap praktek seo yang sedang berkembang untuk meningkatkan ilmu SEO. Karena setiap priode tertentu google akan meng-update dan upgrade algoritmanya sesuai dengan perkembangan yang ada. Sehingga kita juga harus mengikuti perkembangan tersebut untuk dapat mengoptimalisasi website maupun blog yang kita miliki sesusi dengan algoritma google yang terbaru.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

1 komentar :

  1. Benar nie Mas. Saya sendiri agak merinding sekarang kalau harus berburu backlink. Bisa-bisa bukan malah posisi pertama yang saya dapatkan, tetapi penalti dari google :)

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.