Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan

Lokasi, sejarah harga tiket masuk, foto candi prambanan. Kota Yogyakarta memang terkenal dengan berbagai wisata yang menarik. Kota ini memiliki wisata budaya yang menyimpan nilai-nilai historis. Salah satu ikon kota yogya yang sudah terkenal sampai mancanegara ialah Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke 9 masehi, ratusan tahun yang lalu.

Wisata Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi umat Hindu. Tempat ini dipersembahan untuk tiga dewa utama (trimurti) yaitu Brahma (dewa Pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa pemusnah). Bangunan candi yang megah memiliki nilai arsitektur yang tinggi sehingga ia menjadi salah satu wisata unggulan di Jogja. Tempat wisata ini telah di rangkum oleh Kartanesia tour dalam paket wisata jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Sejarah Candi Prambanan


Legenda Candi Prambanan bercerita tentang kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Dahulu Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada Roro namun ia tidak menyukainya. Sehingga Roro Jonggrang mengajukan syarat membuat seribu candi dalam semalam yang akhirnya ia gagalkan sendiri.

Kompleks candi terdiri merupakan persembahan untuk Dewa Siwa. Salah satu Keunikan Candi Prambanan adalah adanya relief-relief cerita dari tokoh wayang Ramayana. Selain itu, didalam kompleks terdiri dari Plataran Njobo, Plataran Tengahan dan Plataran Njero. Bangunan candi dibuat menyerupai puncak semeru yang sarat akan mitos tempatnya dewa-dewa.

Wisata Candi Prambanan menyuguhkan pertunjukan seni jawa ikonik Ramayana pada malam hari. Selain itu juga ada Museum di dalam kompleks yang banyak menyimpan Sejarah Tentang Candi Prambanan. Anda juga bisa menambah wawasan mengenai cerita kehidupan Ramayana di dinding-dinding candi.

Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke tempat Wisata Candi Prambanan adalah sore hari sambil menikmati indahnya senja. Kemegahan candi trimurti akan nampak indah dibawah sinar lampu. Namun jika Anda berkunjung pada siang hari yang panas terik jangan lupa untuk membawa payung atau topi.

Lokasi Candi Prambanan


Lokasi Candi Prambanan berada di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Di sekitar kawasan ini terdapat berbagai tempat wisata lain.

Di sebelah kidul candi ada Wisata Tebing Breksi yang dulunya merupakan pertambangan. Setelah ditutup oleh pemerintah, maka wisata ini dijadikan destinasi wisata sekaligus cagar budaya yang harus dijaga.

Kemudian ada juga Candi Lumbung yang termasuk dalam kawasan Wisata Candi Prambanan. Dinamakan Candi Lumbung karena berbentuk seperti lumbung (tempat padi). Disini adalah tempat ditemukannya prasasti kelurak. Prasasti kelurak berhubungan dengan pendirian candi sewu.

Selanjutnya adalah Candi Ratu Boko atau yang dikenal Situs Ratu Boko berjarak kurang lebih 3 km dari Prambanan. Menurut berbagai sumber, konon candi ini merupakan istana Raja Boko (ayah Roro Jonggrang) tapi ada juga yang menyebut tempat ini sebagai tempat beribadah. Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa sewa mobil jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Di sebelah selatan candi juga ada spot riyadi yang cocok dijadikan tempat bersantai. Pemandangan utama yang disuguhkan adalah melihat candi-candi tersebut dari atas bukit. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di sekitar Wisata Candi Prambanan diantaranya candi bubrah, candi sewu, candi barong, candi ijo dan banyu nibo.

Fasilitas di Candi Prambanan


Selain dapat menikmati pertunjukan dan berbagai aktivitas menarik lainnya. Ada berbagai fasilitas di Wisata Candi Prambanan, yaitu :

  • Musholla
  • Papan informasi
  • Toko souvenir
  • Restoran
  • Gazebo
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Pemandu wisata
  • Golf cart

Fasilitas-fasilitas tersebut memang disediakan untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu juga terdapat banyak spot foto menarik di candi yang dapat diabadikan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Prambanan


Tempat wisata ini buka mulai pukul 06.00-17.00. Jam bukanya yang lama membuat Anda bebas berlama-lama disini. Harga tiket masuk Candi Prambanan sendiri dapat dilihat pada tabel berikut.

Keterangan Harga

 

  • Tiket masuk Rp. 20.000 (domestik), USD 25 (mancanegara)
  • Mobil Rp. 10.000
  • Sepeda Rp. 3.000

Tiket pertunjukan Ramayana (Selasa, Kamis, Sabtu) Rp. 125.000 – Rp. 375.0000

Wisata Candi Prambanan merupakan salah satu tempat bersejarah yang menjadi ikon utama kota Yogyakarta. Tempat ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada tiga Dewa Trimurti, Fungsi Candi Prambanan utamanya untuk menghormati Dewa Siwa. Bahkan Dewa Siwa dibuatkan arca candi setinggi 47 meter. Di samping candi-candi utama, terdapat ratusan candi-candi lainnya.

sejarah candi prambanan


Selain itu, tempat ini juga mengadakan pertunjukan Sendatari Ramayana yang menjadi ikon utama. Pertunjukan Ramayana yang diadakan di malam hari pada hari tertentu saja. Sendatari Ramayana sendiri merupakan seni pertunjukan yang membawakan kisah tokoh Ramayana. Pertunjukan tari ini selalu ramai penonton karena memang unik dan menarik.

Saat ini, Candi Prambanan telah dilantik sebagai warisan dunia UNESCO. Oleh sebab itu, tempat ini selalu dijaga dan diperbaiki. Di sekitar kompleks wisata juga terdapat berbagai macam destinasi lain. Banyak destinasi wisata yang letaknya tidak jauh dari kompleks candi sehingga Anda dan keluarga bisa menyempatkan diri untuk mampir sejenak. Apalagi saat senja datang, foto-foto yang dihasilkan menjadi sangat indah dengan latar belakang yang luar biasa menarik.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

0 komentar :

Posting Komentar


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.