Alat Berat untuk Pertambangan yang Sering Digunakan

Di Indonesia penambangan masih sering dilakukan terutama di Kalimantan timur. Dalam penambangan tersebut sering kali menggunakan alat berat sehingga proyek bisa lebih mudah dikerjakan. Alat berat ini nanti berfungsi untuk mengangkut material ataupun benda-benda yang tidak cukup hanya dengan tenaga manusia saja.

Untungnya manusia dibekali akal dan kemampuan sehingga terciptalah berbagai macam alat berat untuk penambangan ini. Alat berat memang bermacam-macam tapi apa saja ya alat berat untuk pertambangan yang sering digunakan? Dibawah ini informasinya:

5 Jenis Alat Berat untuk Pertambangan


1. Bucket Wheel Excavator

Bucket Wheel Excavator


Seperti sudah anda ketahui bahwa lokasi batu bara ini berada di bawah tanah dan tersembunyi. Untuk itu Bucket Wheel Excavator sangat dibutuhkan sekali dalam pertambangan. Bucket Wheel Excavator memiliki fungsi untuk menggaruk tanah dan menggali sedalam-dalamnya secara terus menerus.

Untuk kapasitas muatan yang dimiliki alat berat ini cukup banyak yaitu bisa mencapai 220 ribu ton dalam sehari. Bahkan ada berita unik datang dari Guinnes Book of Records yaitu dicatat sebagai alat berat terbesar di dunia.

2. Bulldozer

Bulldozer


Alat berat untuk pertambangan yang sering digunakan dan mungkin sering dilihat oleh anda yaitu Bulldozer. Bulldozer memiliki roda rantai dan sangat mirip dengan roda tank. Kelebihan Bulldozer ini bisa memindahkan tanah sampai 300 kaki. Bulldozer ini termasuk alat berat yang multifungsi karena bisa digunakan untuk mendorong, mengangkut dan menggali tanah pertambangan.

3. Dragline

Dragline


Dragline juga hampir sama dengan Bulldozer yaitu salah satu alat berat yang banyak fungsinya. Fungsi dari Dragline ini adalah untuk mengangkut, mengeruk dan menimbun tanah. Jadi para penambang nanti tidak perlu masuk ke dalam galian hanya sekedar memindahkan tanah karena semuanya sudah bisa dilakukan oleh Dragline. Alat berat yang satu ini lebih sering digunakan untuk penggalian sungai atau parit karena untuk kebutuhan ini performanya sangat baik.

4. Belt Conveyor

Belt Conveyor


Alat berat Belt Conveyor berfungsi untuk memindahkan material pertambangan. Belt Conveyor sangat cocok untuk penggalian tanah, pecahan beton, batu bara, kerikil dan segala bebatuan lainnya. Hasil kerja Belt Conveyor bisa dibilang sangat baik karena memiliki kecepatan yang tinggi.

Belt Conveyor bisa bekerja secara optimal dan maksimal apabila tanah atau medan yang digunakan untuk pertambangan luas. Jadi Belt Conveyor bisa bekerja secara terus menerus tanpa henti dan adanya hambatan.

5. Dump Truck

Dump Truck


Dump Truck menjadi salah satu alat berat untuk pertambangan yang sering digunakan. Bahkan Dump Truck banyak dikenal oleh masyarakat umum sekalipun. Kemampuannya dalam mengangkut endapan bijih, bebatuan dan tanah dalam pertambangan menjadikan Dump Truck sering difavoritkan.
Dump Truck terdiri dari 2 golongan yaitu berdasarkan pada cara memuntahkan muatan dan berdasarkan pada tenaga penggeraknya.

Jika dilihat dari tenaga penggeraknya Dump Truck, dapat menggunakan roda belakang dan depan, roda belakang saja, roda depan saja serta 2 pasang roda belang. Sedangkan kalau dilihat dari cara memuntahkannya maka dapat menggunakan side dump/kosongkan muatan samping, end dump/kosongkan muatan ke belakang dan bottom dump/mengosongkan muatan ke bawah.

6. Excavator

Excavator


Untuk alat berat pertambangan ada juga Excavator Sumitomo yang sering digunakan untuk pekerjaan kehutanan maupun konstruksi. Jika dalam pertambangan Excavator untuk mengangkut segala macam material seperti tanah dan bebatuan. Excavator juga tergolong alat berat yang serba guna dan memiliki pergerakan dan jangkauan yang luas.

Itulah enam alat berat untuk pertambangan yang sering digunakan. Alat berat memiliki fungsi yang sangat penting dalam pertambangan apalagi untuk mempercepat dalam penggalian dan pemindahan material. Coba kalau tidak ada alat berat mau sampai kapan selesainya proyek pertambangan yang dikerjakan.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

0 komentar :

Posting Komentar


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.