Syarat, Sistem dan Mekanisme Pendaftaran Serta Formasi CPNS 2014

Penerimaan PNS/CPNS pada tahun 2014 akan segera dibuka, jadwal pengumuman berdasarkan jadwal dari Panselnas, Pengumuman lowongan formasi oleh instansi akan disampaikan antara tanggal 18 – 29 Agustus 2014. Sedangkan pendaftaran CPNS 2014 akan dilakukan secara online melalui satu pintu/portal nasional di www.panselnas.menpan.go.id untuk selanjutnya diarahkan menuju www.sscn.bkn.go.id dan akan dimulai pada tanggal 20 Agustus – 3 September 2014. Tes Seleksi CPNS 2014 akan menggunakan teknologi Computer Assisted Test (CAT). Untuk lebih memahami tentang apa itu CAT Anda dapat mendownload bukunya disini. Nah, Agar Anda terlatih menggunakan sistem terbaru dalam pendaftaran CPNS, Anda dapat menggunakan dan mencoba simulasinya disini.

Menurut informasi yang saya dengar bahwa banyak orang yang ingin mendaftar CPNS belum memahami syarat, sistem maupun mekanisme pendaftaran CPNS 2014 ini. Sehingga tidak jarang dijumpai peserta pendaftaran cpns mengalami kebingunan. Untuk itu bagi Anda yang ingin melamar CPNS 2014 saya sarankan agar Anda lebih ekstra untuk mencari informasi yang Anda butuhkan mengenai CPNS 2014. Pahami secara seksama mekanismenya, syarat, serta lengkapi dokumen Anda sesuai dengan yang diminta pada masing-masing formasi CPNS yang menerima atau membuka lowongan.

Syarat, Seistem dan Mekanisme Pendaftaran CPNS 2014


Berikut ini saya uraikan informasi mengenai syarat dan hal penting lainnya seputar penerimaan CPNS 2014 yang harus Anda ingat dan benar-benar pahami jika Anda ingin mengikuti proses seleksi atau mendaftar CPNS tahun 2014.

1. Ujian dengan C.A.T

Seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional dilaksankan dengan ujian/test menggunakan C.A.T. (Computer Assisted Test). Info dapat dibaca di Website Kemenpan & RB.

2. Persyaratan Umum

  1. WNI berusia 18 s/d 35 tahun
  2. Memiliki KTP yang berlaku
  3. Berbadan sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan formasi yang diminati.

3. Alamat E-mail

Seleksi Penerimaan CPNS 2014 hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di Portal ini, untuk itu calon pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang masih berlaku (email).

4. Pengisian data pribadi harus akurat

Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran disini harus akurat, benar dan dapat dipertanggung jawabkan untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau merugikan pihak lain serta diberikannya sanksi hukum dikemudian hari. Calon peserta hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal ini (hanya mempunyai 1 kali kesempatan mengikuti test di salah satu instansi).

Calon peserta dapat memilih 3 (tiga) formasi jabatan, yang kualifikasi pendidikannya sama pada instansi yang telah diputuskan/dipilih oleh calon peserta.

5. Persyaratan khusus/tambahan

Terdapat instansi tertentu yang menambahkan persyaratan khusus. Untuk itu, harap dibaca secara cermat dan teliti.

6. Cermati dan teliti

Harap mencermati setiap keterangan/instruksi/pemberitahuan/peringatan yang muncul di halaman-halaman pendaftaran ini.

7. Gratis

Penerimaan CPNS Tahun 2014 tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.

Jika Ada oknum yang meminta dana jaminan atas kelulusan Anda untuk masuk menjadi PNS itu TIDAK BENAR.

Mekanisme dan Alur Pendaftaran CPNS 2014

Dibawah ini saya memberi capture/gambar yang berisikan mengenai alur pendaftaran cpns. Perjatikan baik-baik alurnya. Untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar tersebut.

Mekanisme dan Alur Pendaftaran CPNS 2014

PENTING: Jadwal pendaftaran lowongan untuk setiap instansi berbeda. Portal nasional hanya akan membuka pendaftaran untuk instansi yang sedang membuka pendaftaran lowongan.

Formasi CPNS 2014


Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga) dan formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Berikut ini adalah formasi yang informasinya sudah tersedia sampai saat ini

A. Formasi Nasional 2014 terdiri atas 71 (tujuh puluh satu) Kementerian/Lembaga.

  1. Kementerian Koordinator - 3 (tiga) kementerian
  2. Kementerian - 27 (dua puluh tujuh) kementerian.
  3. Lembaga Pemerintah Non Kementerian - 28 (dua puluh delapan) lembaga
  4. Lembaga Negara - 2 (dua) lembaga & Sekretariat Lembaga Negara - terdiri atas 8 (delapan) lembaga

B. Formasi Daerah terdiri atas 439 (empat ratus tiga puluh sembilan) instansi, yaitu 28 (dua puluh delapan) Pemerintah Provinsi dan 411 (empat ratus sebelas) Pemerintah Kabupaten/Kota.

Wilayah/Jumlah

  1. Pulau Sumatera dan sekitarnya - 10 (sepuluh) provinsi
  2. Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara - 9 (sembilan) provinsi
  3. Pulau Kalimantan - 5 (lima) provinsi
  4. Pulau Sulawesi - 6 (enam) provinsi
  5. Kep. Maluku dan Papua - 4 (empat) provinsi

Status dan Jadwal Informasi Penerimaan CPNS 2014


Agar Anda tidak bingung atau salah dalam mendapatkan informasi penerimaan dan jadwal dibukanya lowongan cpns di instansi yang Anda inginkan, berikut saya lampirkan link jadwal pembukaan penerimaan CPNS tahun 2014. Disamping itu, disana Anda akan mendapatkan informasi yang akurat serta terpercaya mengenai informasi pembukaan CPNS tahun 2014 ini.

Informasi jadwal penerimaan CPNS 2014

Rekomendasi artikel rangkaian tes CPNS

Pastikan bahwa Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru dan informasi dan pengumuman penerimaan CPNS tahun 2014. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan dibawah ini. Share/Like serta follow twitter super blog pedia dan Syarat, Seistem dan Mekanisme Pendaftaran Serta Formasi CPNS 2014 ini agar sahabat, teman, keluarga serta orang terdekat Anda yang ingin mencoba untuk masuk sebagai CPNS juga mengetahui informasi CPNS ini. Terimakasih sebelumnya, sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

0 komentar :

Posting Komentar


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.