Tips Lulus Tes Potensi Akademik - TPA

Tes Potensi Akademik (TPA) pada umumnya juga sering di ujikan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai baru di sebuah perusahaan. Berbeda dengan psikotes, tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang di bidang akademik dan pengetahuan umum lainnya. Melalui tes postensi akademik (TPA) maka akan dapat diketahui tingkat kecerdasan seseorang atau calon karyawan dan pegawai baru.

Disamping calon karyawan baru sering gagal atau tidak lulus psikotes, pada tahap tes potensi akademik juga demikian. Hal ini biasanya di sebabkan oleh kurangnya persiapan untuk melatih diri sebelum tes potensi akademik diselenggarakan, atau hal lain diluar itu. Untuk lulus tes potensi akademik, modal utama yang harus kita miliki adalah kesehatan kemudian persiapan, persiapan yang saya maksud disini adalah melatih diri dengan soal tes potensi akademik. Untuk melatinya, anda dapat membeli ebook atau buku tes postensi akademik baik itu dari internet atau dari gramedia dan toko buku terdekat.

Tes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia ini juga identik dengan tes GRE dan GMAT yang menjadi standar internasional. Saat ini, Tes Potensi Akademik merupakan salah satu tes standar menerimaan di perguruan tinggi untuk jenjang S2 dan S3. Bahkan skarang SMPTN pun pake Tes TPA serta salah satu tes yang diujikan dalam rekrutmen penerimaan tenaga kerja baru. Selain itu, tes potensi akademi (TPA) juga digunakan sebagai tes standar penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), maupun pegawai swasta. Bahkan kenaikan pangkat setingkat manajer atau team leader juga seringkali mempersyaratkan tes TPA dengan skor minimum tertentu.

Rekomendasi Artikel Populer:

  1. Tips Lulus dan Contoh Soal Psikotes
  2. Contoh Soal Psikotes
  3. Contoh Soal CPNS
  4. Medical Check Up
  5. Contoh Surat Lamaran Kerja
  6. Wawancara Kerja
  7. Pertanyaan Wawancara Kerja
  8. Contoh Daftar Riwayat Hidup
  9. Cara Melamar Kerja Online
  10. ODP Bank Mandiri
  11. Tips Psikotes Kerja
Pada umumnya tes potensi akademik (TPA) terdiri dari:

Contoh Soal Tes Potensi Akademik


1. Tes Gambar terdiri dari:
  • Tes Padanan Hubungan Gambar
  • Tes Seri Gambar
  • Tes Pengelompokan Gambar
  • Tes Bayangan Cermin
  • Tes Identifikasi Potongan Gambar

2. Tes Angka terdiri dari:
  • Tes Aritmetik
  • Tes Seri Angka
  • Tes Seri Huruf
  • Tes Logika Angka
  • Tes Angka Dalam Cerita

3. Tes Logika terdiri dari:
  • Tes Logika Umum
  • Tes Logika Analisa Pernyataan dan Kesimpulan
  • Tes Logika Cerita
  • Tes Logika Diagram

4. Tes Verbal mencakup
  • Tes Sinonim
  • Tes Antonim
  • Tes Padanan Hubungan
  • Tes Pengelompokan Kata

Skor tes potensi akademik/TPA masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan oleh OTO Bappenas yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s/d 800 dimana yang paling rendah adalah 200 dan paling tertinggi (apabila jawaban benar semua) adalah 800. Seseorang dinilai mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean). Skor tes potensi akademik yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal tes potensi akademik terdiri dari 3 subtest yang masing-masing subtest memiliki nilai antara 20 sampai dengan 80, sehingga nilai/skor total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtest tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10.

Download gratis kumpulan buku/ebook contoh soal psikotes dan jawabannya : Download

Mohon maaf, masa download kumpulan contoh soal psikotes secara free/gratis sudah habis, maka link downloadnya saya hapus. Namun Anda masih bisa mendapatkannya dengan memberi donasi kepada super blog pedia ini sebesar Rp 35.000. Caranya, Anda cukup mentransfer pulsa sebesar Rp 35.000 ke nomor 0852 9669 9941 lalu konfirmasikan alamat Email Anda dengan mengirim SMS ke nomor tersebut, saya akan segera mengirim link downloadnya ke Email Anda.

NB: Bagi 100 orang pemesan pertama, berhak mendapatkan 3 Ebook Best Seller, link downloadnya langsung dikirim ke Email Anda. Contoh soal psikotes sudah termasuk kunci jawabannya.

Testimonial :
Berikut adalah testimonial 2 orang sahabat super blog pedia yang mengirim SMS ke nomor yang saya sebutkan diatas atas keberhasilannya lulus psikotes.

Mira, Jakarta
Trims pak, stlah mmbca tips dari mas, sy lulus psikotes di Bank, soal yg mas ksih pun 90 prsen mrip skli lg trims ya mas.

Joko, Jakarta
Gan gw ucpkan bnyak trmaksh, gw lulus psikotes. trmakasih jg buat soal psikotesnya.

Mohon maaf kepada sahabat super blog pedia yang telah memberikan testimoninya melalui SMS namun tidak saya publis. 2 Orang diatas merupakan orang yang pertama yang menginformasikan kepada saya atas kelulusan mereka dalam psikotes.

Tips Lulus dan Persiapan Tes Potensi Akademik


  1. Satu minggu atau sebulan sebelum ujian tes potensi akademik berlangsung berlatihlah soal-soal mengenai tes potensi akademik/TPA sebanyak mungkin, baik itu melalui ebook atau buku yang Anda beli, dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA sesuai arahan yang tertulis. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal yang kemungkinan keluar dalam tes potensi akademik yang sebenarnya.
  2. Dalam tes potensi akademik/TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tidak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena akan membebani anda saja, yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur serta kecepatan dan ketepatan saat menjawab soal.
  3. Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks, dan tidak tegang.
  4. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati saja dan beralih pada soal berikutnya. Ingat, dengarkanlah seluruh instruksi yang disampaikan oleh panitia penyelenggara dengan seksama. Sehingga Anda dapat paham terhadap mengerjakan soal tes.
  5. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik. Ini sangat penting artinya di saat-saat akhir. Karena anda akan sangat memerlukan waktu untuk mengulangi soal yang terlewati, soal yang masih ragu-ragu jawabannya, dan meneliti ulang lembar jawaban apakah arsiran pensilnya sudah hitam sempurna.
  6. Jika anda menemukan soal yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda belum tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, maka jangan ambil pusing, lewati saja, dan fokuskan kepada soal berikutnya. Hal ini dilakukan agar lebih mengefesienkan waktu yang terus berjalan.
  7. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu, semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama. Kerjakan saja soal yang Anda ketahui, jika Anda sudah siap mengerjakan soal yang anda ketahui tersebut dan sisa waktu masih ada, kembali ke soal yang belum dapat Anda jawab untuk mengetahui jawabannya.
  8. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan tes TPA,berdoalah sesuai dengan kepercayaan masing-masing dengan keyakinan bahwasannya Anda dapat lulus dalam tes potensi akademik ini.
  9. Lakukanlah sugesti kepada diri Anda sendiri dengan penuh emosional sebelum berlangsungnya tes potensi akademik, dengan mengatakan kepada diri Anda "Aku Bisa". Kalimat tersebut sangat powerfull yang dapat membangkitkan seluruh kekuatan mental dan fikiran Anda untuk berhasil dalam tes tersebut.
  10. Pada poin yang kesepuluh ini merupakan poin yang krusial dan sepele yang sering sekali dilupakan, yaitu 1 hari sebelum berangkat kelokasi dimana tes potensi akademik berlangsung, survey lokasi tempat tes dan ruangan Anda. Kemudian setelah itu persiapkan juga peralatan tulis-menulis yang dibutuhkan.

Tips lulus tes potensi akademik diatas bukanlah penjamin seratus persen atas kelulusan Anda, karena yang menentukan kelulusan itu adalah Anda sendiri yang disetujui oleh Tuhan atas besarnya persiapan yang Anda lakukan. Saya hanya membantu Anda, berdasarkan pengalaman yang telah saya lewati sebelumnya. Ingat, "Persiapan adalah Kunci dari Segala Keberhasilan"

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tips lulus dan contoh soal tips lulus tes potensi akademik (TPA), semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan artikel terbaru mengenati tips sukses berkarir dan artikel bermanfaat lainnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, silahkan berlangganan artikel via email gratis.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share, dan like serta memberi G+1 pada artikel ini. Agar orang terdekat, sahabat, atau teman dan orang yang membutuhkan informasi mengenai tes potensi akademik juga dapat membacanya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kebaikannya dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

22 komentar :

  1. makasih infonya :D kunjungi juga blog saya >> http://fightforourfuture.blogspot.com/ belajar IPS penting juga :)

    BalasHapus
  2. bismillah semoga lulus TPA

    BalasHapus
  3. Jika Tuhan Menghendakinya kenapa tdk????? AmiN

    BalasHapus
  4. Bagi donk, ex. Soal Tes Kerja di Bank

    BalasHapus
  5. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
    Kebanyakan formasi pls.mudah-mudahan jurusan pls harus di pertimbangkan.karena jurusan pls akan mendobrak seluruh masyarakat yang termasuk tinggal di 3T dan masyarakat yang masih terpinggirkan.karena akan merubah sdm di indonesia.

    BalasHapus
  6. terima kasih.. semoga saya bs

    BalasHapus
  7. Semoga berhasil.ammmiiinnn ya allah

    BalasHapus
  8. TErima kasihinfonya, lengkap banget. info lain tentang TPA silahkan berkunjung ke blog saya

    BalasHapus
  9. Besok sya tes TPA ..minta doax yaa all .
    "Aku pasti bisa"
    Amin

    BalasHapus
  10. Dengan niat, usaha dan doa Insya Allah diberi kelancaran sehingga mendapatkan hasil maksimal.. amin

    BalasHapus
  11. Saya pasti bisa
    Saya pasti lolos sman 1 sidoarjo
    Aminnn


    Terima kasih atas informasinya gan

    BalasHapus
  12. saya pasti bisa.. go indonesia power

    BalasHapus
  13. Sungguh bermanfaat. Terimakasih atas infonya:)

    BalasHapus
  14. terima kasih infonya, semoga semua yg baca tips di atas semuanya lulus,,aminnn

    BalasHapus
  15. Trimakasih buat info dan pesannya... Insha Allah.. Pasti bisa..
    Allah itu baik, saya jg akn mengikuti tes TPA..
    Smoga saya jg lulus..
    Aamiin Ya Allah..

    BalasHapus
  16. thanx bua tipsnya.
    bissmillah semoga lulus...

    BalasHapus
  17. bismillah ku serahkan kepadamu yarab

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.

 
© SuperBlogPedia 2012 | Cara Membuat Blog