Tips dan Cara Melamar Kerja Online

Artikel tips dan cara melamar kerja online dikhususkan bagi job seeker yang ingin terjun di dunia kerja, yang terdiri dari tips melamar pekerjaan dan bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email. Sama halnya seperti Anda, saat baru lulus kuliah dan ingin melamar kerja, saya juga masih bingung cara melamar kerja online yaitu melalui email. Dengan demikian ketika ada lowongan kerja yang mengharuskan pelamarkerja mengirim resume atau surat lamaran kerjanya melalui email saya abaikan saja. Hal ini tidak berlangsung lama, karena saya berinisiatif untuk mencari tahu cara mengirim berkas lamaran kerja online atau via email.

Cara melamar pekerjaan online ternyata tidak sesualit apa yang kita bayangkan, namun sebelum kita membahasnya, saya ingin menyampaikan tips melamar perkerjaan sehingga sebelum melamar kerja Anda dapat memilih lowongan kerja dan bekerja di perusahaan yang bagus dan cocok untuk Anda.

Sering kita mendengar pernyataan yang bodoh dari teman atau orang lain yang mengatakan "yang pengting dapat kerja, dari pada nganggur?". Mungkin ini benar, tetapi di satu sisi ketika Anda melamar pekerjaan di tempat yang salah, maka masa depan Anda akan buram. Mengapa demikian? karena tidak adanya jenjang karir dan pendidikan yang ditawarka untuk anda selain gaji bulanan. Loh, itukan sebagai batu loncatan? ya benar, namun jika batunya kecil apakah Anda harus meloncat untuk mendapatkan batu loncatan yang besar?. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah, jika Anda mampu menjadikan batu besar sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi mengapa tidak?. Perusahaan dimana Anda melamar kerja akan menilai hal ini. Contoh, jika Anda pernah bekerja diperusahaan perbankan dan kemudian resign lalu melamar kerja di MENKEU, mana yang lebih dipandang dengan orang yang pernah bekerja atau memiliki pengalaman kerja sebagai SPG pakaian di mall? tentu yang lebih dipandang Anda bukan?. Mohon maaf, ini tidak ada maksud untuk merendahkan.

Rekomendasi Artikel Populer:

Tips Melamar Pekerjaan


Berikut ini beberpa tips yang dapat saya sampaikan kepada Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik sebelum melamar kerja:

1. Cari perusahaan yang memiliki nama di bidangnya. Bukan hanya sekedar untuk gaya atau gengsi, bekerja di perusahaan terkenal dan bereputasi baik, Anda akan lebih mudah untuk mencapai kesejahteraan dan karir maksimal.

2. Perkembangan industri juga akan menentukan kemajuan karier Anda. Carilah peluang industri yang tengah berkembang, sehingga kesempatan kerja akan lebih mudah didapatkan.

3. Pemilihan lokasi juga menentukan. Ibaratnya, sama seperti Anda memilih lokasi dalam berdagang. Pilihlah perusahaan yang memiliki kantor di lokasi yang sedang berkembang.

4. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, ketika memiliki jaringan yang kuat. Salah satu cara paling mudah untuk memperluas jaringan adalah bergabung dengan kelompok industri lokal di daerah Anda.

5. Tanyakan kepada orang lebih berpengalaman bekerja di bidang yang akan Anda pilih. Dengan begitu Anda akan mendapatkan beberapa referensi perusahaan yang seharusnya akan Anda pinang. Selain itu, Anda akan lebih mengetahui apa saja persyaratan yang harus Anda persiapkan.

6. Jangan pakasa diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan diluar kemampuan Anda karena gaji yang ditawarkan, ini akan menjadi boomerang, karena pekerjaan itu bukan beban tetapi sebuah kecintaan.

Cara Melamar Pekerjaan Online


Cara melamar pekerjaan online terdapat dua cara, yaitu melalui situs lowongan kerja seperti jobstreet.com yang terlah menyediakan applikasi penyimpanan resume dan melamar kerja online serta melamar kerja online via email. Disisni saya hanya menjelaskan bagimana cara mengirim atau melamar kerja via email, berikut caranya.

1. Login/masuk ke akun email Anda, apakah dari yahoo.com atau gmail.com
2. Setelah Anda login klik new mail (untuk yahoo) atau klik compose jika Anda menggunakan gmail.com

cara melamar kerja online


cara melamar pekerjaan via email

3. Masukkan alamat email perusahaan yang Anda tuju, Isi subjek dengan kode posisi pekerjaan yang Anda lamar. Contoh, untuk accounting kodenya "Acc" dan untuk teller kodenya "Tell" atau Account Officer kodenya "AO". Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai clip atau penjepit kertas.

tips melamar kerja

melamar kerja dari email

4. Pilih file atau resume Anda yang akan Anda kirimkan. Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus yang terlah terbungkus dalam file rar. Jika Anda belum membuat surat lamaran kerja atau daftar riwayat hidup, silahkan baca artikelnya di contoh surat lamaran kerja dan contoh daftar riwayat hidup.

melamar kerja

5. Tunggu beberapa saat hingga file selesai di upload.
6. Jika file sudah selesai di upload klik "kirim"

Saya rasa cukup mudah, untuk itu saya akhiri artikel tips dan cara melamar kerja online ini, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan artikel terbaru yang akan saya poting pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel melalui email gratis melalui form berlangganan yang sudah saya sediakan di bawah ini serta me-like fanspage facebook super blog pedia untuk mengetahui update artikel via facebook.

Dan sebelum Anda beranjak dari artikel ini untuk menuju ke artikel berikutnya yang ingin Anda baca, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia untuk Share dan memberi G+1 pada artikel ini agar dapat dibaca oleh sahabat, teman maupun orang terdekat Anda. Terimakasih sebelumnya, dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

2 komentar :


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.