Tips Lulus dan Contoh Soal Psikotes

Tips Lulus dan Contoh Soal Psikotes pada artikel ini terdiri dari beberapa topik yaitu tips lulus psikotes, contoh soal psikotes dan jawabannya serta cara mengerjakan soal psikotes. Sengaja saya bahas mengenai contoh soal psikotes ini dalam satu pembahasan agar dapat dengan mudah dipahami, sehingga diharapkan setelah Anda membaca dan mengerti cara mengerjakan soal psikotes masuk kerja ini, Anda dapat mempersiapkan dan melatih diri sebelum tes pesikotes diselenggarakan. Dengan demikian peluang Anda untuk lulus psikotes masuk kerja lebih besar.

Tes psikologi (Phsicology Test) atau lebih sering disebut tes psikotest merupakan salah satu bagian dan tahap perektutan karyawan di banyak perusahan. Apakah perusahaan BUMN, perbankan (bank), TNI, Polri, cpns dan akademisi seperti UI (Universitas Indonesia) maupun perusahaan swasta seperti astra dan yang lainnya. Tujuan dari psikotes itu sendiri memiliki kesamaan diantaranya yaitu untuk mengukur aspek individu secara psikis. Psikotes juga dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa dan bisa berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Psikotes berbeda dengan tes potensi akademik (TPA), psikotes secara umum lebih kepada tes kepribadian. Jadi didalam penilaian psikotes tidak berdasarkan siapa yang paling pintar, karena bisa saja orang yang secara akademik tidak begitu pintar mengalahkan orang yang lebih pentar darinya dan lolos ujian psikotes. Hal ini sering terjadi, bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya atau melihat orang lulusan perguruan tinggi terbaik belum bekerja atau diterima kerja di sebuah perusahaan karena selalu gagal dan tidak lolos psikotes.

Sungguh ironi melihat hal ini, namun inilah fakta yang sering terjadi dikalangan jobseekers atau pelamar kerja. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Oleh karena itu saya ingin membantu dan akan memberikan beberapa tips mengerjakan soal psikotes dan cara agar lolos psikotes kepada Anda dan berharap Anda tidak lagi gagal dalam ujian psikotes.

Contoh Soal Psikotes dan Tips Mengerjakannya


Berikut ini terdapat beberapa contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.

1. Tes Wartegg

Wartegg test atau tes wartegg terdiri dari 8 kotak dan pada masing-masing kotak berisi bentuk-bentuk tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Pada tes wartegg ini Anda akan diminta untuk melanjutkan dengan menggambar sesuatu dari bentuk tersebut, kemudian menuliskan nama benda yang Anda gambar sesuai urutan gambar yang telah Anda buat, kemudian menuliskan nomor gambar yang mana paling Anda sukai dan tidak disukai, sulit dan mudah menurut Anda. Penilaian dari tes wartegg ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya Anda dalam menggambar. Berikut ini merupakan contoh soal tes wartegg.

Contoh soal wartegg test:

contoh soal wartegg test

Tips dan cara mengerjakan soal wartegg test sebagai berikut:
Sebaiknya pada tes wartegg ini Anda menggambar secara acak dan tidak berdasarkan nomor urut sesuai gambar, misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena jika Anda menggambar berdasarkan urutan gambar 1,2,3,4,5,6,7,8 Anda akan dipandang oleh panitia penyelenggara psikotes (HRD) sebagai orang yang kaku atau konservatif. Sedangkan jika Anda menggambar secara acak misalnya 6,1,4,2,7,8,3,5 Anda akan dipandang HRD sebagai orang yang bergerak kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

Apabila Anda bergender pria, jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks Anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah saya digunakan untuk melewati tahap psikotes:

cara mengerjakan soal wartegg test

2. Test Kraepelin atau Pauli / Tes Koran

Tes kreapelin terdiri atas angka yang tersusun secara vertikal dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai dan karyawan atau pesrta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya. Penilaian dari tes ini adalah sikap terhadap tekanan, ketahanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian, konsisten, sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan.

Contoh soal kreapelin atau pauli / koran

contoh soal kreapelin

Tips dan cara mengerjakan tes kreapelin

Usahakan jumlah angka yang Anda dijumlahkan benar dan stabil di masing-masing kolom. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan Anda memaksakan diri di awal tes namun menurun di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri Anda untuk menghemat tenaga dan waktu sembari mendengar setiap perintah dari panitia

Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes kreapelin ini, melainkan pensil biasa atau pulpen saja sesuai dengan perintah panitia, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis ujungnya akan mudah patah atau habis sehingga memakan waktu untuk menggantinya, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila Anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti Anda telah kehilangan waktu 5-10 detik dan hal ini tentu merugikan Anda sendiri.

Teruslah fokuskan pikiran Anda dalam mengerjakan tes koran ini, dan jangan memikirkan sesuatu hal selain soal yang sedang Anda kerjakan. Karena jika sedikit saja Anda lari dari fokus pikiran Anda, hal ini akan mengganggu konsentrasi, sehingga dapat melambatkan pengisian angka dalam test. Berikut ini merupakan latihan tes kreapelin yang pernah saya kerjakan.

cara mengerjakan soal tes pauli

3. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Pada umumnya saat tes epps kita akan diminta untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang melekat pada diri kita sendiri diantara 2 pernyataan. Terkadang ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai atau merupakan sifat kepribadian kita, kita tetap harus memilih salah satu yang mendekati diri kita. Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar.

Contoh soal EPPS

contoh soal epps


Adapun contoh pertanyaannya soal epps sebagai berikut:

A. Saya suka menolong teman bila mereka sedang mengalami masalah
B. Saya senang melakukan pekerjaan bersama hingga selesai

Tips dan cara mengerjakan soal epps

Sebelum mengerjakan soal epps, nanti Anda akan diminta oleh panitia penyelenggara psikotes Anda untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut Anda ada pada diri Anda. Jika jawaban Anda adalah pernyataan yang pertama Anda diminta melingkari huruf A dan jika Anda memilih jawaban terhadap pernyataan yang kedua, Anda diminta melingkari huruf  B. Saran saya dalam menjawab pertanyaan soal epps ini kepada Anda adalah jawablah pertanyaan yang sesuai atau mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan atau posisi yang Anda duduki setelah Anda lulus psikotes dan diterima kerja nantinya. Jangan menjawab diluar dari itu, walau Anda memiliki loyalitas tehadap teman namun disini Anda tidak diminta untuk itu, melainkan keprofesionalan Anda saat berkerja.

4. Tes Analog Verbal (Analog Verbal Test)

Tes analog verbal ini biasanya terdiri atas 30-40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang dinilaian dalam tes ini yaitu kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami sebab dan akibat suatu permasalahan dalam pekerjaan.

Contoh soal analog verbal

hitam ><...... a. biru b.kecil c.malam d.putih e.gelap
Pola menjawab soal tes analog verbar seperti berikut ini:
hitam = putih jadi, antonim dari hitam adalah putih dan jawabannya d.

Tips dan cara menjawab soal tes analog verbal

Apabila Anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, Anda dapat mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali saya menghadapi tes ini, dan soal yang diberikan relatif sama. Lompati soal yang belum bisa Anda jawab ke soal berikutnya, dan jangan terpaku terhadap satu soal yang belum Anda ketahui karena waktu terus berjalan.

5. Tes Logika Aritmatika

Tes logika aritmatika terdiri dari deret angka, yang menjadi penilaian dari tes ini adalah kemampuan analisa Anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu yang berbentuk deret angka dan kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola yang ada.

Contoh Soal Logika Aritmatika

 24 20 16 12  … …
 Pola jawabannya: Setiap angka dikurang 4 maka lanjutan dari deret soal diatas adalah : 8 dan 4.

45 15 18 6 9 3 … …
Pola jawabannya:
n:3 n+3 n:3 n+3 ... ....

Tips dan cara mengerjakan soal tes logika aritmatika

Dalam mengerjakan soal ini jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 6-7 angka terdepan dalam deret namun adakalanya Anda melihat deret secara keseluruhan atau deret angka berikutnya, karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat angka. Sekali lagi saya katakan jangan terpaku hanya pada satu soal yang penasaran ingin Anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya yang lebih mudah Anda kerjakan, karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk ke efektifan dan keefesienan terhadap waktu yang diberikan dalam menyelesaikan soal logiaka aritmatika tersebut.

Download gratis kumpulan buku/ebook contoh soal psikotes dan jawabannya : Download

Mohon maaf, masa download kumpulan contoh soal psikotes secara free sudah habis, maka link downloadnya saya hapus. Namun Anda masih bisa mendapatkannya dengan memberi donasi kepada blog super blog pedia ini sebesar Rp 35.000. Caranya, Anda cukup mentransfer pulsa sebesar Rp 35.000 ke nomor 0852 9669 9941 lalu konfirmasikan alamat Email Anda dengan mengirim SMS ke nomor tersebut, saya akan segera mengirim link downloadnya ke Email Anda.

NB: Bagi 100 orang pemesan pertama, berhak mendapatkan 3 Ebook Best Seller, link downloadnya langsung dikirim ke Email Anda. Contoh soal psikotes sudah termasuk kunci jawabannya.

Testimonial :
Berikut adalah testimonial 2 orang sahabat super blog pedia yang mengirim SMS ke nomor yang saya sebutkan diatas atas keberhasilannya lulus psikotes.

Mira, Jakarta
Trims mas, stlah mmbca tips dari mas, sy lulus psikotes di Bank, soal yg mas ksih pun 90 prsen mrip skli lg trims ya mas.

Joko, Jakarta
Gan gw ucpkan bnyak trmaksh, gw lulus psikotes. trmakasih jg buat soal psikotesnya.

Mohon maaf kepada sahabat super blog pedia yang telah memberikan testimoninya melalui SMS namun tidak saya publis. 2 Orang diatas merupakan orang yang pertama yang menginformasikan kepada saya atas kelulusan mereka dalam psikotes.

Karena pembahasa mengenai contoh soal psikotes dan jawabannya masih banyak dan panjang yang tidak memungkinkan bagi saya untuk mempostinya dalam satu halaman, utnuk itu saya alihkan postingan selanjutnaya pada halaman berikutnya, silahkan dibaca:

  1. Contoh Soal Psikotes
  2. Contoh Soal CPNS
  3. Tes Potensi Akedemik
  4. Medical Check Up
  5. Contoh Surat Lamaran Kerja
  6. Contoh Daftar Riwayat Hidup
  7. Wawancara Kerja
  8. Pertanyaan Wawancara Kerja
  9. ODP Bank Mandiri
  10. Cara Melamar Kerja Online

Perlu saya sampaikan kepada Anda sebelum beralih kehalaman contoh soal psikotes berikutnya adalah soal psikotes yang saya uraikan di atas merupakan contoh soal yang relatif lazim di gunakan oleh perusahaan swasta dan BUMN dan ketika saya baru tamat kuliah kemudian mengikuti psikotes di bank mandiri syariah untuk jalur MODP, soal psikotes diatas keluar.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai tips lulus dan contoh soal psikotes, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mengetahui update artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel terbaru dari super blog pedia silahkan berlangganan artikel via email gratis serta me-like fanspage facebook super blog pedia.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk share artikel tips lulus dan contoh soal psikotes ini serta memberi G+1 agar dapat di baca oleh sahabat, teman serta orang terdekat Anda dan orang yang membutuhkannya.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi bermanfaat serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :
Comments
33 Comments

33 komentar :

  1. Balasan
    1. -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•- ats informasiny mas, ilmuny sngt brmnfaat

      Hapus
  2. Thks atas info anda
    Moga lain. Kali saya lulus
    Amin

    BalasHapus
  3. thanks atas tips nya, sangat membantu aku ni

    BalasHapus
  4. artikelnya sangat bermanfaat sekali sobat .. terimakasih

    BalasHapus
  5. Sangat membantu, terima kasih..

    BalasHapus
  6. Membantu sekali postinannya terimakasih!!

    BalasHapus
  7. Semoga bermanfaat buat semua..
    Semoga saya lulus tes psikotes nya..AMIN

    BalasHapus
  8. Sangat Bagus dan mempermudah orang mengerti maksud dan makna psikotes ... terima kasih

    BalasHapus
  9. makasih mas ebbok nya sudah saya terima, sangat bermanfaat untuk perisapan tes saya

    BalasHapus
  10. Mkasih ya.... Bisa di pakek buat tes psikotes di STIP kn??!

    BalasHapus
  11. Trimakasihh buat tips2nya,
    sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  12. makasih mas, sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  13. buat tambahan ilmu saya gan,
    sangat bermamfaat sekali.

    BalasHapus
  14. Bagus banget nih tipsnya, modal bagi gue nih untuk psikotest kedepan. makasih banyak ya mas...

    BalasHapus
  15. Tips yang sangat membantu

    BalasHapus
  16. Barusan selesai psikotes di perusahaan Finance...semoga aja saya di terima

    BalasHapus
  17. Nice info.mga2 hasil test cocok dg maunya perush.tq bos

    BalasHapus
  18. Informasi yg jelas dan bermanfaat .. like this

    BalasHapus
  19. Informasi yg bermanfaat, trimakasih bang

    BalasHapus
  20. terimakasih superblogpedia panduan psikotes dan ebook nya sudah saya terima

    BalasHapus
  21. Mksh infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  22. makasi banyak mas,.berkat artikel ini saya diterima kerja di prusahaan sebagai admin??artikel ini sangat-sangat bermanfaat,..makasi banyak mas,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat, dan sukses selalu untuk Anda

      Hapus
  23. Trimakasih gan.. sangat membantu saya... semoga berkaaah.. Aamiin :)

    BalasHapus
  24. Asww. Artikel dan link2 nya yg sdah disajikan, insya'allah lebih menambah wawasan dlam cara pandang kita semua wal khusu bagi pribadi saya, dlam menjalani dan menunggu hasil psikotes yg cukup beragam jenis, tatacara, maksud dan tujuannya. Asww. Abdillah chandra-ciledug.

    BalasHapus
  25. sangat bermanfaat untuk persiapan tes lamaran kerja. terimak kasih gan

    BalasHapus
  26. psikotest memang lazim digunakan untuk mengetes standar psikologi pesertanya..

    folow blog done sob..ditunggu folow backnya
    di blog satriyokudotblogspotdot.com (sengaja ga pake link aktif)

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.