Tips Medical Check Up

Tips medical check up - Kata lain dari medical check up adalah tes kesehatan. Biasanya medical checkup dilaksanakan dalam proses rekrutmen adalah sebelum wawancara user atau dengan dewan direksi perusahaan dimana tempat Anda melamar kerja, apakah itu di bank, PLN, pertamina, astra, tni atau polri maupun perusahaan BUMN atau swasta. Sebelum membahas lebih jauh mengenai cek kesehatan ini, perlu Anda ketahui pengertian, fungsi serta tujuan mengapa kebanyakan perusahaan mengadakan medical check-up dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai baru.

General medical check up adalah prevensi yang dilakukan perusahaan dalam tahap dan proses penerimaan karyawan dan pegawai baru untuk melakukan tes kesehatan kerja secara menyeluruh terhadap calon karyawan tertentu untuk menghindari resiko kekecewaan dan kerugian perusahaan. Biasanya perusahaan dalam melakukan cek kesehatan ini bekerjasama dengan sebuah instansi kesehatan swasta atau pemerintah dengan harapan mendapatkan karyawan yang benar-benar sehat jasmani dan fisik.

medical check up

Jika Anda sampai pada tes medical check up ini, biasanya peluang Anda bekerja di perusahaan yang anda inginkan sudah besar, namun Anda jangan senang dulu, karena apapun bisa terjadi termasuk tidak lulus medical chek up. Menurut pengalaman saya banyak orang atau calon karyawan yang kecewa menerima hasil tes kesehatan kerja ini, karena setelah pengumuman tes kesehatan ia tidak lulus karena memiliki penyakit yang tidak bisa ditolerir. Sehingga perjuangannya untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya terhambat.

Rekomendasi Artikel Populer:
Agar Anda lulus tes kesehatan atau medical check up, ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda perhatikan. Untuk itu saya akan memberi tips lulus medical check up seperti yang bisa Anda baca dibawah ini.

Tips Sebelum Medical Check Up


Berikut ini adalah persiapan dan tips lulus medical check up sebelum tes kesehatan dimulai, diantaranya yaitu:

1. Istirahat dan makan yang teratur

Menurut ahli kesehatan dan tim medis mengatakan bahwa begadang bisa membunuh sel antibodi. Dengan begitu tubuh anda tidak akan memiliki penangkal virus. Bersamaan dengan itu, maka anda akan sangat mudah terkena penyakit apapun. Selain istirahat yang teratur, Anda juga diharuskan untuk makan yang teratur dan bergizi tinggi. Konsumsilah sayuran dan buahan yang memiliki kandungan gizi tinggi yang dapat menguatkan darah Anda.

2. Berhenti merokok dan minum beralkohol

Mungkin anda sudah tau banyak mengenai ini, namun bagi yang terlanjur, saran saya segera berhenti dan rajin-rajinlah berolah raga serta minum susu fresh milk setiap pagi dan sebelum tidur dan konsumsilah madu asli untuk menetralisir nikotin yang ada di paru-paru Anda. Disamping itu Anda juga saya anjurkan untuk berpuasa 2 hari sebelum tes kesehatan dilaksanakan.

3. Perbanyak minum air mineral

Para dokter sepakat bahwa Air membantu mengeluarkan limbah dan racun berbahaya lainnya dari sistem limfatik, ginjal serta usus, sehingga terhindar dari rasa tidak nyaman atau gangguan masalah kesehatan lain. Manfaat lain membantu hati dan ginjal bekerja optimal karena mendapatkan cairan yang cukup.

4. Jangan mengkonsumsi obat-obatan

Usahakan jangan mengkonsumsi obat-obatan satu hari sebelum medical check up. Karena banyak orang yang terkecoh terhadap hal ini, yang mengakibatkan ia diagnosis memakai zat adektif. Mengapa demikian? karena banyak obat-obatan yang memiliki kandungan zat adektif sehingga ketika larut dalam tubuh saat tes kesehatan (tes urine) maka zat ini akan ketahuan dan petugas yang memriksa Anda menganggap Anda adalah pemakai narkoba, padahal tidak demikian.

Saran saya sebelum tes medical check up, sebaiknya Anda melakukan tes kesehatan di instansi kesehatan. Dengan demikian Anda akan tahu seberapa sehat tubuh Anda, jika Anda memiliki penyakit, Anda dapat konsultasi ke dokter yang bersangkutan untuk mengobati penyakit Anda dalam waktu yang cepat. Sehingga kesempatan Anda untuk lulus medical check up lebih besar. Namun jika Anda memiliki sakit kronis atau keturunan, biasanya ini sulit untuk disembuhkan, misalnya mata minus atau diabetes dan lain-lain. Satu lagi saran saya kepada Anda untuk berdoa dan perbanyak ibadah, karena segala keberhasilah itu merupakan izin dari tuhan, untuk itu kita perlu mendekatkan diri kepada-Nya.

Ada beberapa bagian tubuh yang dites atau diperiksa saat tes kesehatan, diantaranya yaitu:

Pemeriksaan Saat Medical Check Up


1. Pengukuran tinggi badan

Pemeriksaan atau pengukuran tinggi badan adalah relatif tergantung kebutuhan perusahaan. Pada dasarnya tinggi badan di ukur ketika Anda tes kesehatan untuk masuk POLRI atau TNI dan perusahaan atau instansi pemerintah lainnya.

2. Tes urine

Tujuan dari test urine ini adalah untuk melihat fungsi ginjal masih baik atau tidak, juga untuk melihat penyakit2 lain seperti hepatitis diabetes dan lain-lain. Saran saya 1 hari sebelum medical check up perbanyaklah minum air putih dan jangan mengkonsumsi obat yang mengadung zat adektif, karena ini bakal ketahuan seperti yang saya sampaikan di atas.

3. Tes darah

Selain untuk mengetahui jenis atau golongan darah yang anda miliki, pemeriksaan darah juga memiliki tujuan lain, yaitu untuk memastikan penyakit yang sedang Anda idap. Selain itu tensi darah Anda juga akan diperiksa. Normalnya kalau saya tidak salah ukuran tensi darah adalah 110/80.

4. Tes Paru-paru

Saran saya untuk Anda, sebelum medical check-up untuk masuk di perusahaan apapun, berhentilah merokok seperti yang saya sebutkan diatas. Yah barang seminggu, dua minggu sebelum medical check-up ini dilakukan. Buat yang tidak perokok, hindari berdekatan dengan perokok aktif karena akan turut mempengaruhi kekuatan paru-paru anda. Nah, nasehat saya lagi adalah jangan lupa berolahraga terutama menjelang medical check up ini dilakukan.

5. Tes umum

Menurut pengalaman yang pernah saya alami saat tes umum dokter menyuruh saya berbaring di tempat  tidur yang telah disediakan. Kemudian sang dokter memeriksa hidung, telinga dan mulut saya. Kemudian si Ibu dokter menuju ke bagian bawah tubuh saya, agak ke tengah tepatnya di bagian perut. Sambil menekan-nekan perut saya, beliau menanyakan apakah kamu pernah terserang asma?. Dengan lantang dan tegas bergaya sersan dua saya katakan "tidak pernah bu...!!!. Lalu ada test yang lebih unik lagi masih di test umum ini, yaitu si Ibu menyuruh saya untuk membuka celana, Aduh, malu donk ibu!. Dengan patuh saya buka celana saya dan ibu itupun shock bukan main (untung saja tidak nafsu), karena ternyata dia hanya menyuruh untuk membuka celana sampai bokong bukan seluruhnya, dan untung juga celana dalam masih melekat dengan erat tanpa cacat. Sambil bergolek ke samping, saya merasakan ada sentuhan jari yang masuk ke anus saya. Haduh, geli bukan main sampai si "Tejo" ikut ingin berontak. Setelah selesai, ibu dokter memberitahukan bahwa itu untuk mengetes apakah saya ambeien atau tidak.

5. Tes rontgen

Saat test ini, tubuh bagian dalam kita akan dilihat dengan menggunakan sinar rontgen. Hal ini dilakukan untuk melihat kesehatan tubuh bagian dalam.

6. Tes mata, pendengaran, dan penciuman

Pada saat medical check up beberapa indara kita juga akan diperiksa kesehatannya. Untuk tes mata, yang diperiksa adalah apakah kita buta warna atau tidak. Untuk indra penciuman yang dites adalah seberapa peka penciuman Anda. Saat tes indra penciuman, mata akan ditutup, kemudian Anda akan diminta untuk mencium beberapa benda lalu menyebutkan benda tersebut. Sedangkan tes pendengaran yang diperiksa adalah pendengaran Anda. Saat tes pendengaran Anda akan diberi oleh dokter sebuah earphone dan sebuah tombol yang berbentuk microphone untuk di tekan. Tombol tersebut digunakan sebagai tanda bahwa Anda mendengar suara yang keluar dari earphone atau tidak.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya jelaskan mengenai tips medical check up, semoga bermanfaat dan persiapkanlah diri Anda agar lulus dalam tes kesehatan kerja ini.

Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan artikel terbaru yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan yang telah saya sediakan di bawah ini, serta me-like fanspage facebook super blog pedia.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk Share dan memberi G+1 pada artikel ini. Sehingga sahabat, teman dan orang terdekat Anda juga dapat membacanya. Terimakasih sebelumnya, dan sukses selau untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

7 komentar :

  1. kalau dengan gigi berlubang bagaimana ?

    BalasHapus
  2. Apakah kalau ada ambien tapi kondisi badan ok jantung dsb ok.. Tapi abien aja bisa gugur mcu nya?

    BalasHapus
  3. Ketika detik-detik mengikuti medical cek up rasanya hati berdebar tak karuan... akan tetapi setelah selesai melewati tahap2 medical cek up ternyata hanya segitu saja c....

    Cuman hati kembali berdebar2.... tapi bukan karena efek dari medical cek up.. melainkan menunggu hasil test... apakah lolos apa tidak... hehe.. salam kenal...

    BalasHapus
  4. Saya sangat berterimakasih atas infonya semoga ini bisa diketahui bagi semua yang akan tes MCU

    BalasHapus
  5. Saya besok ada medchek mudah2 an saya lolos dan tidak mengidap penyakit apapun...

    BalasHapus
  6. Tinggal menunggu hasil tes kesehatan , semoga saya lulus,sehat jasmani maupun rohani.... Smoga saya tidak mengidap penyakit .

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.