Contoh Soal Psikotes Terbaru 2016

Contoh Soal Psikotes yang saya bahas pada halaman ini merupakan kelanjutan dari artikel yang juga membahas mengenai psikotes yaitu tips lulus dan contoh soal psikotes. Jika Anda belum membaca artikel tersebut, saya anjurkan kepada Anda untuk membacanya sebelum melanjutkan membaca contoh soal psikotes pada halaman ini.

Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan psikotest/tes kepribadian merupakan salah satu dari tahap rekrutmen penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan. Tidak jarang calon karyawan baru gagal dalam tahap psikotes, terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah mengikuti tes psikotes. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi orang yang sering atau pernah mengikuti ujian psikotes juga tidak dapat lolos psikotes karena kurangnya persiapan dan latihan atau mungkin hal lainnya.

Menurut pengalaman yang pernah saya alami, biasanya psikotes itu diselenggarakan setelah proses administrasi atau sleksi berkas lamaran kerja atau setelah interview/wawancara kerja tahap awal. Hal ini mungkin saja berbeda di setiap perusahaan, tergantung dengan kebijakan dan standar rekrutment mereka. Namun terlepas dari itu, tes psikotes pasti menjadi salah satu tahap sleksi penerimaan karyawan/pegawai di banyak perusahaan swasta maupun BUMN.

Rekomendasi Artikel Populer:
  1. Tips lulus dan contoh soal psikotes
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tips Lulus CPNS
  4. Medical Check Up
  5. Pertanyaan Wawancara Kerja
  6. ODP Bank Mandiri
  7. Contoh Surat Lamaran Kerja
  8. Cara Melamar Kerja Online
  9. Wawancara Kerja
  10. Contoh Daftar Riwayat Hidup 
Sama seperti Anda, ketika saya baru lulus kuliah dan mencoba untuk melamar kerja di bank mandiri dan bank bni serta perusahaan bumn lainnya, saya sering tidak lolos tes psikotes. Hal ini saya alami karena saya sendiri belum pernah ujian psikotes dan sama sekali buta terhadap soal-soal psikotes. Dari banyaknya kegagalan yang saya alami saat mengikuti psikotes, akhirnya saya banyak tahu mengenai bentu-bentuk soal psikotes. Selain itu juga, mencari buku dan ebook kumpulan soal psikotes dan jawabannya untuk latihan dalam rangka persiapan diri untuk menghadapi psikotes diperusahaan yang lebih bagus dan posisi kerja yang lebih baik.

Adapun soal psikotes yang sering keluar baik itu ketika Anda mengikuti psikotest pada perusahaan BUMN ataupun swasta diantaranya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Soal Psikotes


1. Tes Logika Penalaran

Soal tes logika penalaran ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi dan lain-lain. Yang menjadi penilaian dalam tes ini adalah kemapuan Anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu (berbentuk gambar) dengan melakukan prediksi berdasarkan pola gambar tersebut:

Contoh soal tes logika penalaran

contoh soal logika penalaran
Tips dan cara mengerjalan soal logika penalaran

Sebelum Anda mengerjakan tes logika penalaran konsetrasikan pikiran Anda, hati-hati dan teliti dalam mengerjakan soal. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama. Jika Anda belum bisa mengerjakan salah satu soal segera lompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah, karena waktu terus berjalan.

2. Tes PAPI (Perception and Preference Inventory)

Tes PAPI lebih cenderung kepada tes kepribadian diri, yaitu mengungkap motivasi, gaya kepemimpinan, level energi, lingkungan sosial, gaya pekerjaan, temperamen dan hubungan sosialisasi antara sesama karyawan dan atasan.
 
Contoh soal test PAPI

soal test papi

a. Saya adalah pemimpin yang baik
b. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan teliti

Tips dan cara mengerjakan soal tes PAPI

Sebelum Anda mengerjakan soal tes PAPI, penitia penyelenggara psikotes akan memberikan aba-aba, seperti anda diminta untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut anda ada pada diri anda atau yang paling sesuai dengan sifat dan karakter pribadi Anda. Jika jawaban Anda adalah pernyataan yang pertama maka Anda akan diminta melingkari tanda panah diatas nomor soal dan begitu pula dengan sebaliknya. Saran saya sesuaikan jawaban Anda dengan jenis serta posisi pekerjaan yang Anda lamar, dan jawablah setiap pertanyaan dengan konsisten namun fleksible. Misalnya Anda melamar sebagai ODP Bank Mandiri atau Bank BNI dan bank lannya atau PPS di pertamina, posisi ini merupakan pembentukan leader untuk regenerasi pemimpin di perusahaan tersebut. Maka konsistenkan jawaban Anda yang berhubungan erat dengan kepemimpinan, kerja keras dan cerdas serta loyalitas.

3. Army Alpha Intelegence Test

Tes ini terdiri atas 12 soal atau lebih, yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk ruang. Salah satu soal terkadang memiliki kaitan dengan soal sebelumnya. Yang menjadi penilaian dalam tes army alpha intelegence ini adalah kemampuan daya serap Anda dalam menerima informasi dan melaksanakan instruksi dari atasan dengan cepat dan tepat. Test ini juga sering keluar jika Anda melamar dan mengikuti psikotes di bank khususnya pada posisi sebagai Account Officer (AO) maupun Founding Officer (FO)

Contoh soal psikotes army alpha intelegence

contoh soal army alpha intelegence test

Tips dan cara mengerjakan soal army alpha intelegence :

Konsentrasikan pikiran Anda kepada apa yang dikatakan narator atau panita psikotes, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan efektif dan efesien. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Karena jika Anda tidak sabar untuk mendengar dan fokus terhadap apa yang dikatakan oleh narator maka untuk menjawab soal anda akan kebingungan.

4. Baum Tree Test (Tes Psikotes Menggambar Pohon)

Tes psikotes menggambar pohon ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon. Sebelum anda mengerjakan soal psikotes ini, narator akan memberi ketar HVS kosong dan sedikit petunjuk kriteria pohon yang boleh digambar seperti :

  • pohon berkambium (dicotyl)
  • bercabang dan berbuah.
  • dan pohon yang berdaun

Anda tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl dan sejenisnya. Pada umumnya penilaian atas tes ini adalah seberapa jauh tingkat imajinasi Anda, kreatifitas mengenai detil-detil serta ketelitian Anda dalam bekerja nanti serta kedisiplinan dan ketanggapan Anda dalam memahami perintah yang disampaikan kepada Anda. Usahakan gambar poshon yang Anda gambar sedetail mungkin dan berbentuk. Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang.

Contoh soal psikotes menggambar pohon

contoh soal psikotes gambar pohon

5. Draw A Person Test ( Tes Psikotes Menggambar Orang)

Soal psikotest DAP ini hampir sama dengan soal psikotes baum tree test, namun pada tes ini Anda akan diminta menggambar seseorang. Sebelum tes ini dimulai, narator akan memberi sedikit instruksi dalam mengerjakan soal psikotes DAP ini. Kira-kira instruksi dari narator seperti ini: "buatlah sebuah gambar orang lengkap dan bukan gambar kartun apakah dia seorang wanita atau pria, dan sebutkan nama serta umurnya serta profesinya".

Contoh soal psikotes draw a person (DAP)

contoh soal psikotes dap

Tips dan cara mengerjakan soal psikotes Draw A Person

Buatlah gambar seseorang dengan detail, dan sesuaikan jenis kelaminnya dengan Anda. Jika Anda berjenis kelamin pria, maka buatlah gamabar orang yang menunjukkan jenis kelamin pria, dan begitupula dengan sebaliknya. Usakan gambar tersebut menunjukkan ciri-ciri orang yang sedang bekerja sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Kemudian berilah nama orang yang Anda gambar tersebut dengan nama lengkap Anda dan sesuai dengan usia Anda sekarang kemudian buat profesinya sesuai dengan jabatan yang Anda lamar. Hal ini dilakukan untuk memberi pesan mengenai tingkat kepercayaan diri Anda dalam pekerjaan walau sejelek apapun gambar yang Anda buat.

6. House Tree Person Test (HTP)

Pada tes ini, peserta tes akan diminta untuk menggambar sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia. Kemudian hasil gambar tersebut dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakter kepribadian peserta tes. Dalam tes house tree person (HTP) ini yang dinilai adalah kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang (calon karyawan) sesuai dengan gambar yang dibuatnya.

Contoh soal psikotes house tree person

contoh soal psikotes house tree person

Sepertinya pembahasan mengenai contoh soal psikotes ini sudah cukup panjang, untuk itu saya akhiri sampai disini, semoga bermanfaat. Perlu saya sampaikan kepada Anda bahwa, soal psikotes yang saya uraikan diatas merupakan soal psikotes yang sering keluar atau di ujikan oleh banyak perusahaan.

Download gratis kumpulan buku/ebook contoh soal psikotes dan jawabannya : Download

Mohon maaf, masa download kumpulan contoh soal psikotes secara free sudah habis, maka link downloadnya saya hapus. Namun Anda masih bisa mendapatkannya dengan memberi donasi kepada blog super blog pedia ini sebesar Rp 35.000. Caranya, Anda cukup mentransfer pulsa sebesar Rp 35.000 ke nomor 0852 9669 9941 lalu konfirmasikan alamat Email Anda dengan mengirim SMS ke nomor tersebut, saya akan segera mengirim link downloadnya ke Email Anda.

NB: Bagi 100 orang pemesan pertama, berhak mendapatkan 3 Ebook Best Seller, link downloadnya langsung dikirim ke Email Anda. Contoh soal psikotes sudah termasuk kunci jawabannya.

Testimonial :
Berikut adalah testimonial 2 orang sahabat super blog pedia yang mengirim SMS ke nomor yang saya sebutkan diatas atas keberhasilannya lulus psikotes.

Mira, Jakarta
Trims mas, stlah mmbca tips dari mas, sy lulus psikotes di Bank, soal yg mas ksih pun 90 prsen mrip skli lg trims ya mas.

Joko, Jakarta
Gan gw ucpkan bnyak trmaksh, gw lulus psikotes. trmakasih jg buat soal psikotesnya.

Mohon maaf kepada sahabat super blog pedia yang telah memberikan testimoninya melalui SMS namun tidak saya publis. 2 Orang diatas merupakan orang yang pertama yang menginformasikan kepada saya atas kelulusan mereka dalam psikotes.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, silahkan berlangganan artikel via email gratis untuk mengetahui update postingan berikutnya. Dan saya sangat senang sekali jika anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk Share dan Like artikel ini, serta memberi G+1. Dengan demikian artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman, keluarga, atau orang terdekat Anda yang membutuhkannya.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

26 komentar :

  1. bener-bener...................manfaat!!!!!
    :D :)
    mksh...;p

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Semoga bermanfaat bagi saya... ^_^

    BalasHapus
  3. trmksh..postingan nya bermanfaat :) lanjutkan

    BalasHapus
  4. Makasih bgt nih saya jadi lulus psikotest :D useful bgt!!!

    BalasHapus
  5. Keren.... Terimakasih,Pak.... :)

    BalasHapus
  6. semoga lulus, amiin.. besok tes psikotes. makasih yaa min.. jadi punya bekal nih..

    BalasHapus
  7. Thans Banget gan,,,kenapa ane gak mampir kesini dari dulu hehehe. . .

    BalasHapus
  8. mantab,,, thank infonya bro

    BalasHapus
  9. Terimakasih ... ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Tesnya sama bgt . Dan w gagal . Telat cari info ..

    BalasHapus
  11. alhamdulillah gue lulus gara gara info ini.. mkasih taukk

    BalasHapus
  12. Saya sudah sms gaan... mau download soal ini...

    Gimna caranyaaa karna saya mau tess..

    BalasHapus
  13. Tq so much....100% soalnya sama...

    BalasHapus
  14. moga jadi ilmu yang bermanfaat,,,

    BalasHapus
  15. sangat membantu. terima kasih ^^

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.