Contoh Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV)

super blog pedia
Contoh Daftar Riwayat Hidup atau curriculum vitae (CV) merupakan dua pembahasa yang akan saya jadikan satu, yaitu bagimana tips dan cara membuat daftar riwayat hidup dan contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk melmar kerja di sebuah perusahaan. Banyak job seekers khususnya fresh graduate (baru tamat kuliah) yang ingin melamar kerja di perusahaan apakah itu di bank, pertamina, astra maupun perusahaan lainnya yang masih bingung dan belum tahu membuat curriculum vitae/daftar riwayat hidup yang merupakan komponen dari berkas lamaran kerja.

Seperti halnya surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup (CV) ini juga sangat penting mengingat dua surat ini adalah perwakilan yang pertama dalam mendapatkan pekerjaan. tentunya sebagai perwakilan, Anda harus mempersiapkan keduanya secara baik dan benar tanpa ada sedikitpun kesalahan didalamnya. Banyak job seeker yang mengeluh karena berkas atau resume yang dikirimnya untuk melamar kerja selalu ditolak. Sehingga tidak dapat melanjutkan keproses rekrutmen di sebuah perusahaan. Jika resume Anda ditolak hanya sekali atau dua kali, mungkin itu hal yang wajar, namun jika ditolak beberapa kali bahkan setiap mengirim lamaran kerja selalu ditolak, maka Anda perlu review kembali resume (daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja) yang Anda kirimkan. Mungkin disana terdapat beberapa kesalahan yang fatal, yang mengakibatkan resume Anda ditolak.

contoh daftar riwayat hidup

Rekomendasi Artikel Populer:
Dari pristiwa diatas, disini saya akan membagi pengalaman kepada sahabat super blog pedia sekalian bagaimana tips dan cara membuat resume khususnya daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Silahkan simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup


Hal yang harus Anda pahami sebelum membuat daftar riwayat hidup adalah struktur isi didalamnya serta segala informasi-informasi mengenai diri Anda. Baik itu biodata, pendidikan formal dan non formal, pengalaman kerja, organisasi yang pernah Anda ikuti, serta prestasi yang pernah Anda raih selama hidup Anda.

1.Sampaikan Informasi yang Benar dan Lengkap

Hendaknya Anda mengisi segala informasi yang benar bengenai diri Anda tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Segala informasi yang Anda berikan akan ditanyakan kembali kebenarannya pada tahap interview atau wawancara kerja nantinya, jika Anda lulus dalam seleksi berkas.

2. Sampaikan Informasi yang Lengkap

Cantumkan nama, alamat, status pernikahan (jika Anda sudah menikah), kemampuan-kemampuan serta skill yang Anda miliki, latar belakang pendidikan (formal dan non formal) dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang bisa menjadi acuan dan menunjang profil Anda di mata staf personalia atau HRD. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

3. Mudah Dibaca

Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir, trstruktur dan mudah dibaca. Gunakan jenis dan ukuran font standar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan benar serta tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim

Sebelum mengirimkan daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja, periksa terlebih dulu keseluruhan resume Anda, dan jangan sampai ada yang salah tulis atau salah ejaa. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data pribadi Anda di dalamnya.

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung

Sertakan pengalaman kerja dan kemampuan Anda yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar, bisa juga prestasi yang pernah Anda raih untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

6. Daftar Riwayat Hidup Maksimal 2 Halaman

Buat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup maksimal hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti tentang diri Anda.

7. Subjek Jelas

Jika mengirim surat lamaran lewat Email, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (misalnya: "Teller (TL)"). File attachment juga harus jelas dan seringan mungkin.

Poin diatas merupakan tips yang dapat saya sampaikan dalam membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Tips diatas tidak mutlak adanya, Anda dapat menambahkan atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan serta kualifikasi yang diminta oleh perusahan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh daftar riwayat hidup dibawah ini merupakan rekomendasi dari super blog pedia yang sering saya gunakan untuk mendaftar atau melamar kerja.

Download contoh daftar diwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV): Download

Untuk download contoh daftar riwayat hidup sudah saya hapus, dan sudah saya jadikan satu paket dengan contoh surat lamaran kerja dan contoh soal psikotes yang sering dikeluarkan oleh perusahaan bank maupun BUMN dan swasta. Anda masih bisa memlikinya dengan menjadi donatur super blog pedia. Caranya yaitu dengan memberi donasi berupa transfer pulsa senilai Rp 35.000 ke nomor 0852 9669 9941. Setelah donasi diberikan, segera konfirmasikan Email Anda melalui sms ke nomer tersebut. Saya akan segera kirim link download contoh surat lamaran kerja yang baik beserta contoh soal psikotes ke Email Anda.

NB: Bagi 100 orang pemesan pertama, berhak mendapatkan 3 Ebook Best Seller, link downloadnya langsung dikirim ke Email Anda. Contoh soal psikotes sudah termasuk kunci jawabannya.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share artikel ini serta memberi G+1 agar artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman atau orang terdekat Anda. Dan jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan di bawah ini, serta me-like fans page facebook super blog pedia. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi bermanfaat serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu caranya:
  1. Ketik email kamu pada kotak berlangganan artikel dibawah ini
  2. Kemudian klik Subscribe
  3. Buka Email kamu untuk verifikasi berlangganan artikel dari Super Blog Pedia
Share Article :
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Mana Link Downloadnya bos...!!!

    BalasHapus
  2. sangat bermamfaat sekali infonya,
    lengkap dan mudah dipahami, :)

    BalasHapus
  3. Anda sudah berbaik hati untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua,khususnya bagi pemula.terima kasih.

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.