Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri

Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri merupakan program yang disiapkan oleh bank mandiri untuk generasi muda (fresh graduate) dalam rangka membentuk kader-kader yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bank mandiri. Regenerasi pemimpin ini dipilih secara selektif sesuai kreteria dan standar yang telah ditetapkan oleh bank mandiri. Melalui ODP Bank Mandiri, diharapkan akan mendapatkan sosok pribdi yang leadership dan mampu mengembangkan bisnis perbankan khususnya bank mandiri.

Jalur ODP Bank Mandiri ini sama halnya di bank lain, namun istilahnya saja yang berbeda, untuk Bank Muamalat disebut dengan Muamalat Officer Development Program (MODP), untuk Bank BRI, Program Pengembangan Staff (PPS) dan untuk Bank BNI itu sama yaitu ODP. Terlepas dari itu level yang diduduki pada dasarnya sama, yaitu sebagai regenerasi pemimpin.

Sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan, jalur ODP Bank Mandiri memang sangat diminati oleh banyak jobseeker termasuk saya sendiri. Hal ini dikarenakan selain jenjang karir yang jelas dan cepat, orang yang lulus melalui jalur ODP Bank mandiri memiliki gaji yang cukup besar. Namun gaji yang besar tersebut juga setimpal dengan job desk (job description) atau tugas dan tanggung jawab ODP Bank Mandiri setelah dinyatakan resmi menjadi karyawan tetap.

Rekomendasi Artikel Populer:
  1. Tips Lulus dan Contoh Soal Psikotes
  2. Soal Psikotes
  3. Contoh Soal CPNS
  4. Tes Potensi Akademik
  5. Medical Check Up
  6. Tips Sukses Wawancara Kerja
  7. Pertanyaan Wawancara Kerja
  8. Contoh Surat Lamaran Kerja
  9. Contoh Daftar Riwayat Hidup
  10. Cara Melamar Kerja Online
  11. Tips Psikotes Kerja
Informasi lowongan kerja ODP Bank Mandiri untuk tahun lalu cukup banyak, kalau tidak salah bank mandiri membuka lowongan kerja untuk jalur ODP hingga lima kali atau lebih dalam setahun. Untuk itu persiapkanlah diri Anda sebelum melamar kerja di jalur ODP Bank Mandiri sebagai bekal pengetahuan Anda. Adapun persiapan yang harus Anda lakukan sebagai berikut.

ODP Bank Mandiri


Berikut beberapa tips yang saya ingin bagikan kepada Anda yang hendak melamar posisi Management Trainee, Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri, dan sebagainya :

  • Coba cari informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut. Sebisa mungkin Anda tahu nilai dan ekspektasi mereka mengenai profil ODP Bank Mandiri yang mereka harapkan. Sebagian besar perusahaan biasanya menyediakan presentasi untuk menjelaskan program tersebut.
  • Tanyakan kepada diri sendiri : Apakah saya memang suka belajar? Apakah saya memang ingin mengikuti ODP Bank Mandiri ini? Apakah memang hasrat saya adalah untuk menjadi seorang trainee atau leader? Apakah saya siap untuk mengikuti ujian bahkan sidang kompre lagi? Kalau Anda menjawab “ya” untuk pertanyaan di atas, maka Anda siap untuk menjadi Trainee.
  • Cek kembali sejarah Anda dalam melamar pekerjaan. Kalau memang Anda melamar untuk semua posisi, berarti tujuan utama Anda bukan menjadi seorang Management Trainee/Leader. Kemukakan hal lain yang menurut Anda bisa dinilai positif dalam hal ini. Misal dari segi perusahaan, atau Anda memang mentargetkan diri Anda sendiri untuk memiliki sebuah pekerjaan, baik itu di jalur ODP Bank Mandiri ataupun bukan.
  • Menanyakan kesiapan diri sendiri untuk menjadi seorang STAR dalam setiap langkahmu. Seorang bintang dituntut untuk menampilkan performance layaknya seorang bintang. Kamu tidak bisa tampil di muka umum tanpa riasan ataupun baju yang pantas sebagaimana profesimu. Demikian juga dengan label lulusan ODP, Anda adalah lulusan terbaik, dididik dengan khusus, maka prestasimu dalam bekerja janganlah biasa-biasa saja. Berarti usaha yang Anda lakukan harus dua kali lipat dari mereka yang masuk lewat jalur normal.
  • Tunjukkan percaya dirimu dan kemandirianmu, baik dalam bersikap, bertutur kata maupun dalam pengambilan keputusan. Jangan kemukakan alasan bahwa Anda mungkin tidak akan diizinkan orangtua untuk ditempatkan di seluruh Indonesia, atau hal-hal lain yang menceritakan bahwa Anda masih sangat dalam kontrol orangtua.
Jika Anda sudah siap dengan segala konsekuensi yang harus Anda penuhi sebelum Anda melamar kerja sebagai ODP Bank Mandiri, berikut saya uraikan proses dan tahap seleksinya.

Proses dan Tahap Seleksi ODP Bank Mandiri


Dari pengalaman dan informasi yang saya dapatkan dari media serta teman-teman saya yang lulus dijalur ODP, ada beberapa proses seleksi yang harus Anda lalui diantaranya:

1. Interview Tahap Awal

Interview awal biasanya memakai bahasa inggris, jadi persiapkan diri Anda untuk menjawab segala pertanyaan dari pewawancara dengan menggunakan bahasa inggris. Adapun pertanyaannya kurang lebih seperti dibawah ini :

  • Apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia? ( sebaiknya Anda menjawab langsung tanpa ragu2 dengan kata “ya saya siap”)
  • Apakah Anda ada rencana menikah dalam waktu dekat? ( sebaikanya Anada juga jawab tanpa ragu2 “tidak pak”)
  • Selanjutnya akan ada perkenalan dan Anda akan dipersilakan untuk memperkenalkan diri Anda dan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa inggris.
  • Ceritakan tentang diri Anda.
  • Ceritakan pencapaian terbesar Anda
  • Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda.
  • Sebutkan langkah-lankah yang sudah diambil untuk mengurangi kekurangan Anda.
  • Sebutkan cita-cita dan pandangan Anda akan menjadi seperti apa dalam 5-10 tahun ke depan.
  • Dan yang paling susah terakhir adalah apabila nantinya jika Anda telah diterima di bank mandiri, apabila ada bank lain menawarkan kompensasi lebih kepada Anda untuk pindah ke bank tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
Setelah interview, saya diminta untuk menunggu sebentar untuk menunggu hasil pengumuman interview. Apabila Anda lulus, maka Anda akan diberikan jadwal untuk test TOEFL.

2. Test TOEFL

Test TOEFL yang digunakan adalah test TOEFL ITP dari IIEF , jadi jika Anda memiliki waktu untuk latihan, bisa latihan untuk ikut test TOEFL ITP di lembaga penyelenggara TOEFL. Beruntung sebelumnya saya penah mengikuti test TOEFL serupa di NESO jakarta dan surabaya. Dari desas-desusnya yang lulus harus lebih dari 500 skornya, sebagai perbandingan saya pernah mencoba test TOEFL di NESO 2 x dan hasilnya adalah 507 dan 517 (saya lulus tahap TOEFL).

3. Aptitude Test

Jangka waktu saya menunggu hasil dari Test TOEFL hampir seminggu, dan pemberitahuannya melalui sms ke nomor HP. Jadi harap perhatikan nomor HP yang diberikan ke bank harus valid dan usahakan HP tetap selalu hidup saat menunggu pengumuman. Untuk test ini, bank mandiri bekerja sama dengan SHL, sebuah lembaga independen yang dikhususkan untuk Psikotest. Jadi sebelumnya bisa mencoba2 dulu di webnya www.shldirect.com.

4. Leaderless Group Discussion

Waktu menunggu pengumuman kali ini paling lama, yaitu 2 minggu. Pada test ini Anda akan diminta untuk bergabung dalam grup-grup kecil (4-5 orang atau lebih) untuk bersama-sama memecahkan sebuah permasalahan perbankan. Jadi be active, tapi tetap sopan. Usahakan jangan menjatuhkan pendapat teman 1 tim. Apabila usul Anda sampai diterima oleh tim itu sangat bagus. Ingat diskusi ini sifatnya Leaderless, jadi jangan mendominasi dan bertindak sebagai pemimpin diskusi.

5. Medical Check UP

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk melakukan general medical check up, meliputi tes darah, urione, EKG (jantung), pendengaran, mata, THT, fisiologi oleh internist, foto thorax (tulang belakang), rontgen abdomen (ginjal, hati, dll). Manfaatkan waktu jeda pengumuman test tahapa sebelumnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan berolah raga. Karena pengumuman untuk medical check up di umumkan secara tidak terduga.

6. Final Interview Board of Directors

Finally jika sudah sampai tahap ini, peluang untuk bergabung di bank mandiri sudah sangat besar sekali. Pada tahap ini Anda akan diinterview oleh salah satu direksi bank mandiri. Jadi Anda akan diminta untuk mengenakan pakaian formal, pakai jas dan dasi. Inti pertanyaan hampir sama seperti tahap interview awal, hanya saja menggunakan bahasa indonesia. Disni sepertinya yang dilihat adalah kesungguhan dan komitmen Anda untuk bergabung di bank mandiri. Saran saya jika sudah sampai pada tahap ini Anda harus yakin untuk bergabung dengan bank mandiri. Pada kasus-kasus tertentu, wawancara akan diadakan di daerah asal, namun tidak menutup kemungkinan seperti yang saya alami, interview di lakukan di jakarta tepatnya di gedung plaza mandiri lantai 12. Jadi siapkan uang untuk beli tiket pesawat.

odp bank mandiri

Setelah tahap terakhir Anda akan diberi pemberitahuan untuk lulus atau tidak bergabung dalam Officer Development Program Bank Mandiri. Apabila Anda dinyatakan lolos, maka Anda akan diminta untuk memenuhi jadwal tanda tangan kontrak selama 3 tahun. Setelah tanda tangan kontrak dengan Bank Mandiri kita melaksanakan pendidikan dan OJT, Peraturan sekarang:
  • Pendidikan onclass : 4 bulan
  • OJT di sktr jakarta : 2 bulan
  • OJT penempatan : 6 bulan
Training onclass dilaksanakan di LCG Bank Mandiri cabang kebunsiri, Tanah abang (belakang musium nasional) tapi kabar terakhir sekarang training ODP dilaksanakan di Kemang dengan Uang saku selama training 3,8jt.

Selama pendidikan pemondokan tidak ditanggung oleh mandiri, tapi soal makan jangan kuatir, rata-rata selesai training pada naik berat badannya, makannanya lumyan enak dan bersih dan menunya setiap hari berbeda-beda.

Dalam satu angkatan biasanya sekitar 20-30an orang, selama training kita tidak tahu nantinya akan ditempatkan dimana dan dibagian apa. Jadi kita dipaksa mempelajari seluruh bisnis dan produk bank mandiri. Pemberi materi rata-rata dari bisnis group di mandiri jadi ada kemungkinan selama masa pendidikan kalian direkrut oleh mereka untuk ditempatkan di departement mereka. Apabila kalian mau dan mampu..so....be active!!. Oh iya hampir lupa, fasilitas kesehatan diberikan reimbursment sebesar 75%.

Saya rasa cukup sekian ulasan mengenai Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk dapat mengetahui update artikel yang akan saya publis pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email melalui form yang saya sediakan dibawah ini, serta me-like fanspage facebook super blog pedia.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share dan memberi G+1 pada artikel ini. Agar teman, sahabat dan orang yang membutuhkannya juga dapat membaca, sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

7 komentar :

  1. pengen gan kerja di Bank besar kayak mandiri,
    ngareppp,,,
    thank,s gan infonya.

    BalasHapus
  2. Gan, sekarang posisinya apa dan dimana?
    Boleh minta no hp.
    Terimakasih....
    Balas

    BalasHapus
  3. Gan ane lagi ngelamar posisi back officer di mandiri, kemarin interview pertama persis kaya agan pake bahasa inggris gan, nah ane lolos gan lanjut psikotes, abis psikotes ane nunggu buat panggilan interview ke dua gan, tapi lama gan hampir 2 minggu ini belom di telpon pula gan, kira" interview ke dua pake bahasa inggris lagi ga ga?

    BalasHapus
  4. Gan daftar gmn? Online apa langsung suratin seperti biasa? Soalnya udah berapa kali masukkin lamaran belom ada panggilan lanjutan.

    BalasHapus
  5. Jadi Pengen kerja di bank Mandiri kyak agan, ntah kapan kesampaian

    BalasHapus
  6. Semoga ada rejekiNya di Bank Mandiri . . .Aamiin

    BalasHapus
  7. mau gan kerja di mandiri seperti agan tp kira2 bhs.inggris nya yg sprti apa yah jika kita sudah berada di ODP ?

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.