Pembahasan mengenai tips menulis dan contoh surat lamaran kerja ini terdiri dari dua kategori, yaitu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan contoh surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja (resume) yang baik dan profesional merupakan kunci bagi Anda untuk lulus dalam seleksi berkas dan menuju ketahap seleksi berikutnya. Tak jarang banyak para jobseeker atau pencari kerja yang meremehkan dan tidak memperdulikan surat lamaran kerja yang dikirimnya keperusahaan dimana ia ingin melamar kerja. Sehingga harapan untuk dipanggil ke tahap tes berikutnya pupus dan sia-sia. Coba Anda ingat kembali, seberapa banyak Anda mengirim surat lamaran kerja? dan berapa yang diterima serta ditolak.
Surat lamaran kerja secara tidak langsung dibuat selain menginformasikan bahwa kita tertarik terhadap posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan juga sebagai ajang "menjual diri". Namun bagi yang frash graduate dan sama sekali belum pernah bekerja, mungkin bingung prestasi apa yang harus di jual. Nah, disini Anda dapat mengutarakan prestasi Anda selama kuliah, misalnya menjuarai lomba diskusi perbankan (bank) seluruh universitas di jakarta atau prestasi rasional lainnya.
Rekomendasi Artikel Populer:
Berikut ini saya akan uraikan tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan sudah sering saya pergunakan untuk setiap kali melar kerja.
1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja Anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta Anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu hurufpun yang tertingga atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum Anda print surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang Anda buat.
2. Tulis Surat Lamaran Kerja Menggunakan Komputer
Sebisa mungkin usahakan menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer. Jangan membeli dari kedai photocopy atau menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Akan tetapi terkadang ada beberapa perusahaan dan biasanya ini perusahaan BUMN (PNS) yang meminta menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, hal ini boleh Anda lakukan. Secara psikologis surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik dengan komputer terkesan profesional dan mampu menggunakan komputer.
3. Struktur Surat Lamaran Kerja
Mungkin struktur dan tata letak surat lamaran kerja Anda sudah tahu, disini saya hanya mengingtkan kembali.
4. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika Anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini Anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah Anda raih selama ini.
5. Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta
Masalah gaji dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang sensitif dan memiliki penilaian tersendiri oleh HRD. Jika perusahaan tidak meminta Anda untuk menuliskan gaji yang Anda minta, jangan ditulis, begitu pula dengan sebaliknay.
6. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja Anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan Anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai Antisipasi agar Anda tidak lupa.
7. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Nah, pada poin yang ketujuh ini mungkin Anda sudah tahu. Sekedar tambahan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, usahakan print kembali surat lamaran kerja Anda.
Download contoh surat lamaran kerja:Download
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai tips menulis dan contoh surat lamaran kerja, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan informasi karir lainnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan di bawah yang saya sediakan dibawah ini serta me-like fans page facebook super blog pedia.
Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share artikel ini serta memberi G+1 agar artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman atau orang terdekat Anda. Termakasih sebelumnya saya ucapkan, sukses selalu untuk Anda.
Surat lamaran kerja secara tidak langsung dibuat selain menginformasikan bahwa kita tertarik terhadap posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan juga sebagai ajang "menjual diri". Namun bagi yang frash graduate dan sama sekali belum pernah bekerja, mungkin bingung prestasi apa yang harus di jual. Nah, disini Anda dapat mengutarakan prestasi Anda selama kuliah, misalnya menjuarai lomba diskusi perbankan (bank) seluruh universitas di jakarta atau prestasi rasional lainnya.
Rekomendasi Artikel Populer:
- Tips Lulus dan Contoh Soal Psikotes
- Mdical Check Up
- Contoh Soal CPNS
- Contoh Soal Psikotes
- Tes Potensi Akademik
- Tips Wawancara Kerja
- ODP Bank Mandiri
- Cara Melamar Kerja Online
- Pertanyaan Wawancara Kerja
- Contoh Darftar Riwayat Hidup
- Tips Psikotes Kerja
Berikut ini saya akan uraikan tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan sudah sering saya pergunakan untuk setiap kali melar kerja.
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja Anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta Anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu hurufpun yang tertingga atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum Anda print surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang Anda buat.
2. Tulis Surat Lamaran Kerja Menggunakan Komputer
Sebisa mungkin usahakan menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer. Jangan membeli dari kedai photocopy atau menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Akan tetapi terkadang ada beberapa perusahaan dan biasanya ini perusahaan BUMN (PNS) yang meminta menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, hal ini boleh Anda lakukan. Secara psikologis surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik dengan komputer terkesan profesional dan mampu menggunakan komputer.
3. Struktur Surat Lamaran Kerja
Mungkin struktur dan tata letak surat lamaran kerja Anda sudah tahu, disini saya hanya mengingtkan kembali.
4. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika Anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini Anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah Anda raih selama ini.
5. Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta
Masalah gaji dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang sensitif dan memiliki penilaian tersendiri oleh HRD. Jika perusahaan tidak meminta Anda untuk menuliskan gaji yang Anda minta, jangan ditulis, begitu pula dengan sebaliknay.
6. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja Anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan Anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai Antisipasi agar Anda tidak lupa.
7. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Nah, pada poin yang ketujuh ini mungkin Anda sudah tahu. Sekedar tambahan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, usahakan print kembali surat lamaran kerja Anda.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Download contoh surat lamaran kerja:
Untuk download contoh surat lamaran kerja sudah saya hapus, dan sudah saya jadikan satu paket dengan contoh soal psikotes yang sering dikeluarkan oleh perusahaan bank maupun BUMN dan swasta. Anda masih bisa memlikinya dengan menjadi donatur super blog pedia. Caranya yaitu dengan memberi donasi berupa transfer pulsa senilai Rp 25.000 ke nomor 0852 9669 9941. Setelah donasi diberikan, segera konfirmasikan Email Anda melalui sms ke nomer tersebut. Saya akan segera kirim link download contoh surat lamaran kerja yang baik beserta contoh soal psikotes ke Email Anda.
NB: Bagi 100 orang pemesan pertama, berhak mendapatkan 3 Ebook Best Seller, link downloadnya langsung dikirim ke Email Anda. Contoh soal psikotes sudah termasuk kunci jawabannya.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai tips menulis dan contoh surat lamaran kerja, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan informasi karir lainnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan di bawah yang saya sediakan dibawah ini serta me-like fans page facebook super blog pedia.
Sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share artikel ini serta memberi G+1 agar artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman atau orang terdekat Anda. Termakasih sebelumnya saya ucapkan, sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari
Super Blog Pedia
yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
ini yang saya tunggu, kebanyakan blog lainnya menyediakan surat lamaran kerja yang sudah jadi padahal aku ingin belajar cara membuat sendiri. Terimakasih informasinya.
BalasHapusTrimakasih infonya
BalasHapusnice share sob, sekarang saya jadi mengetahui cara membuat lamaran dan cara menulis kannya.
BalasHapusTipsnya sangat bermanfaat sekali gan,....
BalasHapusTips yang banyak dicari nih gan,...terima kasih
BalasHapusmakasi informasinya gan!! menulis memang harus baik dan benar agar orang yang membaca tidak bosan.
BalasHapusthanks gan. . nice info
BalasHapuskunjungin balik ya
terima kasih info nya, boleh singgah balik gan,, :)
BalasHapusbermafaat dan membantu postingannya, terima kasih
BalasHapusKalo gw ngirim lamaran yg ke dua kalinya harus ditulis gmna di lamaran nya ??
BalasHapus