Pertanyaan Wawancara Kerja - Interview

Dalam wawancara kerja atau interview kerja tentu tidak terlepas dari pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pewawancara kerja. Sering dan biasa tahap wawancara kerja adalah bagian dari proses penerimaan karyawan atau pegawai baru yang akan diahadapi, bahkan pada tahap ini banyak yang gagal atau tidak lulus wawancara kerja. Yang menjadi pertanyaannya adalah apa penyebab tidak lulusnya seorang calon karyawan? untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan baca artikel tips sukses wawancara kerja.

Sebelum Anda menjawab pertanyaan interview kerja yang nantinya anda hadapi setelah lulus psikotes atau saat walk interview apakah itu di bank, hotel, astra mapun pertamina dan perusahaan BUMN atau swasta lainnya, ada yang benar-benar harus Anda pahami yaitu apa maksud yang menjadi penilaian si pewawancara kerja mengajukan pertanyaan interview kepada Anda. Selain itu Anda juga harus mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan profesional sesuai dengan apa yang diharapkan interviewer sebagai kesesuaian pekerjaan atau job yang akan Anda hadapi nantinya setelah lulus wawancara kerja.

pertanyaan wawancara kerja

Wawancara kerja memang menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang belum siap atau tidak memiliki persiapan sebelum interview. Namun ketika Anda sudah menyiapkan diri dan jawaban atas pertanayaa wawancara kerja yang mungkin ditanyakan oleh pewawancara kerja maka Anda tidak peru khawatir atau gugup lagi. Oleh sebab itu saya ingin sekali membagi pengalaman kepada sahabat super blog pedia mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja dengan harapan agar Anda lolos pada tahap wawancara kerja dan melaju ketahap berikutnya dalam proses seleksi karyawan baru di perusahaan yang Anda inginkan.

Rekomendasi Artikel Populer

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanayaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja, perlu saya sampaikan kepada Anda bahwa, wawancara kerja biasanya terbagi menjadi dua tahap. Diantaranya adalah wawancara kerja HRD atau wawancara kerja denagan direksi dan wawancara USER. Wawancara kerja HRD biasanya dilaksanakan lebih awal daripada wawancara user, dan ketika wawancara user biasanya yang sering ditanyakan adalah berapa gaji yang Anda harapkan serta seberapa siap Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar saat melamar kerja.

Tips dan Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja


Berikut adalah beberapa pertanyaan wawancara kerja bahasa inggiris yang diartikan kedalam bahasa indonesia dan sering ditanyakan saat wawancara HRD kepada Anda beserta tips dan cara menjawab pertanyaan tersebut.

1. Coba ceritakan kepada kami mengenai diri Anda

Tips menjawab pertanyaan: Biasanya pertanyaan ini merupakan pertanyaan pembuka interview, agar tidak banyak menghabiskan waktu dalam menjawab pertanyaan ini maka ceritakanlah profil Anda yang penting. Misal, nama lengkap Anda tahun serta tanggal lahir Anda, latar belakan pendidikan serta pengalaman Anda.

2. Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan kami

Tips menjawab pertanyaan: Jawablah dengan jujur apa yang Anda ketahui tentang perusahaan yang Anda lamar. Untuk itu saya anjurkan kepada Anda sebelum wawancara ini, pelajarilah tentang profil perusahaan, produk serta perkembangan perusahaan. Agar ketika pertanyaan ini diajukan kepada Anda, Anda tidak bingung menjawabnya.

Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, trget, permasalahan, gaya managemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan. Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.

3. Berikan alasan Anda, mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami

Tips menjawab pertanyaan: Cara terbaik untuk menjawab ini adalah mencoba melakukan riset mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan itu, seperti kebudayaannya, lingkungan kerja, pekerjaan itu, dan sebagainya. Jika Anda tidak dapat menemukannya, mungkin Anda harus mempertimbangkan mengapa Anda mencoba melamar ke sana. Jika Anda sudah tahu, sebutkanlah dalam cara dimana interviewer dapat mengetahui mengapa Anda cocok untuk bekerja di sana.

4. Coba ceritakan kepada kami, apa kelebihan dan kekurangan Anda

Tips menjawab pertanyaan: Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan termudah dalam wawancara kerja, karena menyebutkan kelebihan diri lebih mudah dari menyebutkan kelemahan diri. Pada saat Anda ditanyakan pertanyaan ini, bicarakan kelebihan Anda yang dapat menkualifikasikan Anda dengan pekerjaan atau posisi yang Anda lamar pada perusahaan tersebut. Cara terbaik adalah mendeskripsikan kemampuan dan pengalaman Anda terkait atas kelebihan itu. Biasanya, pertanyaan ini akan diikuti dengan pertanyaan bagaimana kelebihan Anda dapat membantu pekerjaan terkait.

Pertanyaan mengenai kekurangan yang Anda miliki sepertinya cukup sulit. Karena di satu sisi, Anda tidak boleh memberitahukan kelemahan Anda terkait atas pekerjaan yang dilamar, dan tentu saja di sisi lain jika Anda bilang Anda tidak punya kelemahan maka Anda berbohong. Jadi Bagaimana?

Ada beberapa cara dan tips menjawab pertanyaan bermata dua ini yaitu:

  • Anda dapat menyebutkan kelemahan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar ini. 
  • Anda dapat membuat seakan-akan kekuatan Anda adalah kelemahan, sebagai contoh: "Saya adalah orang yang terlalu teliti akan detail."
  • Anda dapat menyebutkan kelemahan Anda dan membuktikan bahwa Anda telah melewati kelemahan tersebut. Tentu saja masih banyak cara lain untuk menjawab pertanyaan ini.

4. Mengapa anda resign dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelum melamar kerja di perusahaan kami

Tips menjawab pertanyaan: Anda sebaiknya menjawab pertanyaan ini dengan jujur namun singkat dan jelas termasuk jika hal tersebut karena Anda dipecat atau habis kontrak. Namun yang perlu diperhatikan, Anda sebaiknya jangan menyebutkan konflik pribadi antara Anda dengan atasan atau dengan karyawan sepekerjaan. Perlu Anda perhitungkan bahwa pewawancara mungkin akan bertanya banyak dan menggali soal masalah ini. Mengenai menjawab pertanyaan ini lebih lengkap, silahkan baca artikelnya Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Mengapa Anda Resign.

5. Apa pencapaian terbesar yang pernah Anda raih

Tips menjawab pertanyaan: Jangan pernah memberi jeda atau kelihatan bingung ketika akan menjawab pertanyaan ini. Tetaplah tenang dan pikirkan dengan cepat apa penghargaan terbaik dan yang paling signifikan yang terjadi dalam dunia karir Anda.

7. Apa yang Anda ketahui mengenai posisi kerja yang Anda lamar

Tips menjawab pertanyaan: Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban (job desk). Pastikan Anda mengerti posisi tersebut sebelum Anda hendak menjawab. Untuk itu pelajari tentang posisi kerja yang Anda lamar sebelum wawancara kerja/interview.

Karena pertanyaan wawancara kerja masih banyak lagi yang tidak memungkan bagi saya untuk menulisnya dalam satu halaman, untuk itu silahkan baca kelanjutan artikel pertanyaan wawancara kerja/interview ini dihalaman berikutnya, dengan judul Tips Menjawab dan Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan yang saya sediakan dibawah ini, serta me-like fanspage facebook super blog pedia.

Sebelum Anda beranjak dari halaman ini untuk membaca artikel lainnya, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share dan memberi G+1 pada artikel ini, Agar dapat dibaca oleh sahabat, teman ataupun orang terdekat Anda yang sedang mengunggu untuk tes wawancara kerja. Dengan demikian Anda juga membantu mereka dan memberi manfaat kepada mereka dengan merekomendasikan artikel pertanyaan interview kerja ini untuk dibaca. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi bermanfaat serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :
Comments
9 Comments

9 komentar :

  1. Ijin print dulu ya ,, makasih

    BalasHapus
  2. Makasih shareY..walaupu ƱϑӑƗƚ bnyak pngealaman,tpi info ini menambah pengetahuan positif.

    www.pasarrkode.com

    BalasHapus
  3. Makasih gan, sangat membantu.. semoga qt semua diberi kemudahan dlm interview kerja
    sukses selalu

    BalasHapus
  4. informasi sngat penting bagi kita semu, salam sukses selalu.

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.