8 Tips dan Cara Membuat Tulisan dan Artikel Berkualitas

8 Tips dan Cara Membuat Tulisan dan Artikel Berkualitas - Bagi setiap blogger yang notabenya juga seorang penulis, membuat tulisan dan artikel yang berkualitas merupakan hal yang harus dilakukan. Memang tidak mudah menulis sebuah artikel yang memiliki kualitas tinggi hingga orang atau pengunjung blog Anda tertarik membacanya. Akan tetapi ketika kita mampu membuat tulisan berkualits dalam sebuah artikel, maka dampak positif yang pasti Anda dapatkan adalah blog atau website Anda akan memiliki banyak pengunjung.

Secara tidak kita sadari, menulis artikel jika ditinjau dari segi seo, tulisan merupakan hal terpenting dalam optimasi seo on page. Karena yang menjadi salah satu dalam peninjauan google untuk menempatkan sebuah halaman pada utrutan teratas di serp adalah kualitas konten atau artikel yang sesuai dengan standar dan penilaian google. Seperti halnya ketika kita sedang mengikuti kontes seo, saya katakan saja kontes seo yang sedang berlangsung sekarang seperti kursus seo dan internet marketing terbaik di jakarta. Menurut saya, salah satu yang menjadi faktor utama mengapa sebuah blog atau website yang mengikuti kontes seo tersebut mendapatkan posisi utama di serp dan menjadi pemenang kontes adalah, bahwa tulisan yang di tulisnya dalam sebuah artikel yang di perlombakan memiliki kualitas yang baik menurut penialaian google, dan di perkuat oleh backlink yang berkualitas pula dari situs dan forum dofollow.

Cara Membuat Tulisan dan Artikel Berkualitas


Seperti yang telah sampaikan di atas, salah satu cara dalam menarik serta meningkatkan pengunjung blog atau website Anda adalah dengan menulis artikel yang informatif, edukatif dan sebagainya. Ada banyak variasi mengenai kriteria tulisan yang baik, karena tergantung dengan jenis tulisan itu sendiri, apakah fiksi atau non-fiksi, ilmiah atau populer, roman atau bukan, dan sebagainya. Berikut ini akan saya sajikan beberapa tips dan caranya seperti yang dapat Anda baca di bawah ini.

artikel berkualitas
Terkait dengan hal ini, kami coba berikan beberapa tips yang bersifat umum agar tulisan kita berkualitas. Tips yang kami berikan di bawah ini adalah tips untuk tulisan artikel bukan untuk tulisan berita. Tips tersebut antara lain:

  1. Tulisan mengungkapkan hal-hal baru. Untuk itu gunakanlah fasilitas pencarian (searching), kata kunci, maupun topik, yang tersedia pada situs dakwatuna, untuk memeriksa apakah ide pada tulisan yang ingin kita susun merupakan ide yang sudah pernah dituangkan oleh orang lain atau belum. Fasilitas-fasilitas tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan ide-ide atau pemikiran yang sudah ada.
  2. Tulisan benar dan lengkap. Tulisan jangan terlalu mengedepankan sensasi, tapi juga harus mengandung unsur kebenaran, lengkap, dan sesuai fakta (faktual).
  3. Tulisan merupakan pendapat atau ide orisinal. Tulisan harus mengandung pokok pikiran yang jelas. Tulisan merupakan pendapat orisinil dari penulis. Apabila ada pemikiran atau ide orang lain dalam tulisan, sebutkanlah nama orang tersebut atau sumbernya.
  4. Tulisan menggugah. Tulisan mengandung inspirasi, mengajak hal-hal positif, dan memperbaiki akhlak pembacanya.
  5. Tulisan mengandung topik yang istimewa atau terkait dengan kepentingan orang banyak.
  6. Tulisan menyangkut peristiwa besar sehingga berpotensi untuk dibaca.
  7. Tulisan menyangkut orang ternama, sehingga mengundang orang untuk membaca tulisan Anda.
  8. Tulisan menggunakan bahasa yang bagus. Selain itu tulisan memperhatikan teknis kepenulisan yang baik, seperti memperhatikan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), menggunakan kata atau istilah yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan tubuh paragraf tidak terlalu gemuk yang membuat lelah pembacanya.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Pastikan Anda selalu mengunjungi super blog pedia untuk mendapatkan informasi update yang akan saya tulis pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan di bawah ini. Namun sebelumnya, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk share/like fanspage facebook serta follow twitter super blog pedia dan memberikan G+1 pada artikel ini. Sehingga sahabat blogger juga dapat membacanya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.
    Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
    Share Article :

    9 komentar :

    1. Sangat betul sekali tips-tips di atas, patut untuk di tiru. Tapi kalau bukan jurnalis kan susah juga menulis dengan cara EYD.

      BalasHapus
    2. Saya akan ikuti tips dari Anda gan, sangat berguna buat newbie seperti saya ini, terimakasih

      BalasHapus
    3. betul mas.. Tulisan harus mengandung pokok pikiran yang jelas itu yang saya suka.. agar bisa menarik perhatian orang hehehe... thx infor mas

      BalasHapus
    4. Saya juga masih belajar menulis

      BalasHapus
    5. Patut dicoba mas tips untuk cara membuat artikel berkualitas, saya kadang jarang memperhatikan penulisan

      BalasHapus
    6. kalu kamu pada suka nulis artikel yang berkualitas tinggi,kamu bisa mendaftarkan diri kamu untuk menjadi author di blog SEOptimasi,tiap artikel yang diterbitkan akan mendapatkan bayaran minimal Rp.3000/artikel berkualitas tinggi,ini bukan bohongan,aku sendiri sudah membuktikannya.dibayar tiap ahir bulan

      BalasHapus
    7. Saya Masih tergolong pemula yang sangat berminat menjadi, tapi niat saya masih setengah bagaimana saya bisa mendapatkan motivasi lebih agar menjadi penulis yang baik, apa saja hal positif yang kita dapatkan dari menulis artikel di internet ? Trims .

      BalasHapus
    8. Sanngat bermanfaat dan ini yang saya cari.. thank gan

      BalasHapus


    Peringatan penting sebelum berkomentar:

    - Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
    - Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
    - Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

    Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.