Tips dan Cara Optimasi SEO On Page Blog

SEO on page merupakan salah satu cara atau teknik SEO untuk optimasi blog serta setiap halaman yang ada pada blog atau website yang kita miliki sehingga diharapkan mampu menyususup peringkat teratas pada mesing pencari baik itu google, bing, yahoo search dan search engine lainnya. Pada dasarnya SEO On Page ini memiliki beberapa trik ataupun cara yang saya katakan hampir sama dengan yang dibahas blogger lainnya. Namun pada kesempatan ini, saya akan menguraikan teknik SEO On Page sesuai dengan versi saya. Artinya adalah bahwa saya akan membongkar dan sharing kepada Anda, teknik SEO On Page yang saya lakukan terhadap super blog pedia ini.

Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini adalah salah seorang master seo, sehingga apa yang saya uraikan nantinya sudah melekat erat dikepala Anda dan sudah Anda lakukan. Namun bagi Anda yang baru mengenal apa itu SEO khususnya berkaitan dengan judul artikel ini, Anda berada pada halaman yang tepat. Karena saya akan menjelaskan beberapa topik yang berkaitan dengan:

  1. Apa itu SEO
  2. Apa itu SEO On Page
  3. Bagaimana cara mnegoptimasi SEO On Page blog
Seiring dengan berkembangya dunia teknologi dan informasi seperti yang dapat kita rasakan sekarang ini, banyak pebisnis dunia nyata terjun ke bisnis online untuk mengekspansi bisninya dalam rangka untuk mendapatkan profit yang lebih besar. Oleh sebab itu, bagi pebisnis online juga dianjurkan untuk menguasai teknik SEO, hal ini dilakukan agar merajai keyword tertentu di search engine sehingga mampu mendongkrak visitor atau meningkatkan penginjung blog/website dan penjualan.

Banyak cara mendapatkan uang dari blog, salah satu nya yaitu dengan membuat toko online. Namun hal tersebut tidak cukup sampai disitu. Seperti yang saya katakan diatas banyak hal-hal pendukung lainnya yang harus Anda kuasai khususnya mengenai SEO. Search engine optimization dapat dipelajari secara otodidak namun ini membutuhkan waktu yang lama. Namun Anda jangan khawatir, sekarang ini seiring dengan meningkatnya pemain bisnis online (internet marketing), telah banyak dibuka kursus-kursus mengenai web developer. Sehingga Anda tidak perlu lagi belajar secara otodidak yang memakan waktu yang cukup lama. Jika Anda mengikuti kursus tersebut, maka Anda akan di pandu oleh orang-orang yang cukup berpengalaman sesuai dengan paket kursus yang Anda Ambil. Recommendasi saya untuk Anda yang tinggal di jakarta jika ingin mengukuti kursus SEO paka pilihlah kursus seo dan internet marketing terbaik di jakarta.

Optimasi SEO On Page


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai SEO on page, ada baiknya saya menjelaskan sedikit mengenai:

1. Apa itu SEO

Menurut sumber terpercaya Wikipedia SEO adalah Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sedangkan SEO on page adala:

2. Apa itu SEO On Page

Secara sederhana seo onpege dapat diterjemahkan sebagai aktivitas atau proses teknik SEO yang dilakukan pada website itu sendiri. Tujuannya agar artikel dan website memiliki nilai yang positif oleh mesin pencari. Selain itu SEO on page juga sangat berpengaruh agar website Anda menduduki posisi teratas pada mesin pencari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seo on page ini diantaranya dapat Anda lihat gambar dibawah ini:

Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page

faktor seo on page

Dari gambar diatas jelas terlihat oleh kita faktor-faktor yang mempengaruhi seo on page. Nah, sekarang bagaimana cara optimasi seo on page. Untuk itu simak penjelasan saya mengenai tips dan cara optimasi seo on page blog.

3. Cara Optimasi SEO On Page Blog

Dibawah ini merupakan cara yang saya lakukan untuk optimasi seo on page super blog pedia diantaranya seperti:

  • Gunakan template seo friendly

Template blog atau webset diibaratkan sebuah rumah, rumah yang ideal adalah rumah yang memiliki pintu, jendela, pentilasi, ruang-ruang dan lain sebagainya. Begitu halnya dengan sebuah template blog, template yang seo friendly biasanya ditandai dengan struktur tempalet yang jelas. Kejelasannya dapat ditandai dengan struktur HTML nya serta navigasi didalamnya. Berikut ciri-ciri template blog yang seo friendly:

  • Meta Tag Title atau Judul (baca: Meta tag terbaik blogger)
  • Pengaturan dan penempatan Heading H1 H2 H3 H4 yang tepat
  • Terdapat breadcrumb sebagai navigasi artikel
  • Memiliki fasilitas sharing facebook, twitter, google plus, linkedin
  • Terpasang Related Post dan lain-lain

Jika Anda ingin memiliki template blogger yang seo friendly silahkan kunjungi halaman template blogger seo friendly atau halaman download template blogger.

  • Daftarkan Blog Anda ke Google Webmaster Tools

Agar blog serta konten didalam blog Anda terindeks oleh robot google, segera daftarkan blog atau website Anda ke google webmaster tools. Caranya silahkan klik dan baca tutotial blog mengenai cara mendaftarkan blog ke google.

  • Tulis Artikel Standar SEO

Artikel adalah salah satu bagian terpenting dalam SEO on page sesuai dengan pengertian seo yang telah saya jelaskan diatas. Untuk itu tulislah artikel yang berkualitas (baca: cara menulis artikel berkualitas) standar seo yang dilengkapi dengan internal link atau tautan link yang mengarah ke artikel lain.

Sepertinya sudah hampis 2 jam saya menulis artikel ini dan masih banyak lagi yang ingin saya sampaikan mengenai optimasi seo on page. Namun jika dibahas secara keseluruhan di halaman ini maka akan terlalu panjang dan saya pikir tidak efesien. Untuk itu saya akan melanjutkannya pada kesempatan berikutnya.

Pastikan Anda terus mengunjungi super blog pedia agar mengetahui postingan kelanjutan dari artikel ini. Jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan dibawah ini. Akan tetapi sebelum Anda meninggalkan halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk share serta like fanspage facebook super blog pedia dan follow juga twitter nya serta memberikan G+1 pada artikel ini sebagai apresiasi ketertarikan Anda. Saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

8 komentar :

  1. Saya Selalu Mengikuti Blog superblogpedia,, Perkembangannya sangat bagus... Minta bimbingannya mastah... Cara Mendapatkan PR1...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah menjadi visitor setia super blog pedia, moga apa yang saya tulis disini bermanvaat bagi Anda dan visitor lainnya. baca halaman ini

      http://superblogpedia.blogspot.com/2013/04/tips-dan-cara-mendapatkan-pagerank.html

      untuk mendapatkan google pagerank

      Hapus
  2. Thanks sob informasinya sangat bermanfaat sekali. slm kenal sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kembali sudah memberikan waktunya ke super blog pedia, salam kenal

      Hapus
  3. i think your web very informative,.thanks for sharing information

    BalasHapus
  4. trimakasih banay sangat bermanfaat mau lanjut baca artikel lainnya

    BalasHapus
  5. artike yang bermanfaat, thanks for share :)

    erastusblog.blogspot.com

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat mas infonya, saya lagi mencari berbagai alternatif optimasi seo onpage, dan saya juga tulis pada blog saya di http://strukturkode.blogspot.com/2014/09/optimasi-seo-onpage.html

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.