Tips dan Cara Menulis Artikel Berkualitas

Tips dan Cara Menulis Artikel Berkualitas - Pada dasarnya hampir sebahagian besar kegiatan atau aktivitas blogging adalah menulis. Untuk itu ketika kita membuat blog, kita juga dituntut untuk mempelajari banyak hal, diantaranya adalah bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas, edukatif dan informatif sehingga apa yang kita isi di dalam website atau blog yang kita diminati oleh khalayak pengguna internet yang berkunjung ke blog kita. Disamping itu, kita juga dituntut untuk mempelajari SEO (Search Engine Optimization) agar apa yang kita tulis didalam blog mampu menduduki halaman utama search engine dan dibaca oleh banyak orang.

Untuk menulis artikel di blog dan membuat artikel yang berkualitas memang tidak mudah, diperlukan latihan dan wawasan yang luas sehingga ide menulis yang ada didalam pikiran kita mampu kita tuangkan kedalam kata-kata hingga membentuk sebuah paragraf dan akhirnya menjadi sebuah artikel yang siap dipublikasikan. Kebanyakan blogger tidak memperhatikan hal ini sehingga akhirnya mengeluh karena artikel yang dibuatnya tidak banyak dibaca karena bahasa yang digunakan membuat bingung pengunjung blog untuk menentukan poin penting dari artikel tersebut. Hal ini pernah juga saya alami ketika baru memulai aktivitas blogging, namun ini tidak berlangsung lama, karena saya terus belajar dan menggali ilmu lebih dalam bagaimana cara dan teknik menulis artikel yang baik sehingga mudah dimengerti dan diminati banyak orang.

menulis artikel berkualitas

Pada dasarnya ketika artikel yang anda muat didalam blog memiliki kualitas yang baik, informatif dan edukatif, pengunjung blog Anda akan terus meningkat. Karena teknik menulis artikel seperti ini juga salah satu cara meningkatkan pengunjung blog atau trafik blog. Untuk itu berikut saya akan memberikan tips kepada Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan artikel yang berkualitas.

Tips Menulis Artikel Berkualitas


Agar artikel yang Anda publis didalam blog atau website yang Anda miliki memiliki daya tarik sehingga banyak dibaca, berikut caranya:

1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang

Ketika menulis artikel, saya sarankan kepada Anda untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sehingga pengunjung tidak kebingungan untuk membaca artikel yang Anda tulis. Ketika Anda menggunakan bahasa daerah atau bahasa "GAUL" dalam sebuah artikel, maka hanya sebahagian orang saja yang mengeti, dan usahakan menggunakan bahasa standar saja sehingga semua kalanagan tingkat pendidikan mengerti apa yang Anda tulis.

2. Gunakan karakter/gaya bahasa

Karakter/gaya bahasa dalam menulis memang tidak mudah dibentuk, Anda harus banyak latihan sehingga Anda dapat menemukan karakter bahasa yang Anda gunakan dan memiliki ciri khas. Ketika Anda sudah memiliki ini, maka tulisan anda akan mudah diingat oleh pembaca artikel yang Anda tulis. Gunakanlah karakter bahasa dalam menulis sedikit "meliuk" dan memukau, sehingga artikel tidak kaku.

3. Gunakan tanda baca yang tepat

Penempatan tanda baca yang tepat dalam sebuah artikel akan membantu dan memudahkan pembaca untuk mengerti dan memetik poin penting dalam artikel yang di bacanya.

4. Artikel informatif dan edukatif

Jenis artikel memang banyak dan intensitasnya juga berbeda-beda. Biasanya artikel yang paling banyak dicara oleh pengguna internet adalah artikel yang bersifat informatif dan edukatif daripada artikel yang berisikan hanya curhatan. Untuk itu, setelah Anda menguasai teknik dan cara menulis artikel yang berkualitas, tulislah artukel yang informatif dan edukatif.

5. Banyaklah membaca

Poin ke 5 ini adalah inti dan merupakan hal yang fundamental dalam menghasilkan artikel yang berkualitas. Dengan banyak membaca, selain menambah ilmu kita juga dapat mengetahui hal yang baru dan menemukan ide-ide yang dapat kita tuangkan dalam sebuah artikel. Disamping itu juga kita akan mengenal banyak teknik untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Intinya adalah orang yang mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas adalah orang yang banyak membaca.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai tips dan cara menulis artikel berkualitas, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin menambahkannya, silahkan tulis melalui kotak komentar, dan jika Anda ingin tahu update artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan di bawah ini.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

26 komentar :

  1. Terima kasih telah memberikan yang terbaik untuk kembali membangun semangat membuat blog dengan artikel yang baik

    BalasHapus
  2. Terima kasih..informasinya sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi saya yang baru mulai belajar nge blog

    BalasHapus
  3. thank infonya
    membantu,,, senggol dikit www.ebsof.com izin share

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya. Sangat membantu.

    BalasHapus
  5. makasih masukan2nya om.. (y) kunjung blog newbie ini juga om hehe http://kuroracer.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Tidak mudah sih tapi jika terus belajar kayaknya tidak begitu sulit

    BalasHapus
  7. Ow, harus informatif dan Edukatif.

    makasih, sekarang saya ngerti..

    :D

    BalasHapus
  8. wah, makasih gan ilmunya, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  9. Terima kasih gan, bermanfaat sekali untuk saya

    BalasHapus
  10. Berkunjung ke perpus membaca berbagai sumber buku juga sangat membantu dalam mencari idea dalam menulis blog.

    BalasHapus
  11. Ini yang saya cari, cuma belum faham betul tentang membuat kata kunci pada artikel :(

    BalasHapus
  12. thanks atas bantuannya...
    klo kita lagi gk da ide buat nulis gmn solusinya?

    BalasHapus
  13. terima kasih, artikelnya sangat membantu untuj pengembangan menulis saya...

    BalasHapus
  14. Setuju kalau orang yang mempunyai bakat menulis profesional berawal dari membaca , nah mulai dari sekarang saya mau baca-baca dulu artikel diblog ini untuk menjadi 'Inspirasi' menulis diblog saya :-)

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas artikelnya. Ini membantu tim penulis kami dalam menulis artikel-artikel tentang hukum.

    BalasHapus
  16. Terimakasih banyak tipsnya, saya sangat kesusahan membuat artikel

    BalasHapus
  17. Setuju banget dengan tips yang nomor 5 gan, dengan banyak membaca kita bisa mendapat ide atau kata-kata baru yang bisa diaplikasikan ke tulisan blog kita..

    BalasHapus
  18. Betul Tuh.Sangat Harus Diperhatikan dalam hal menulis artikel.karena artikel lah yang paling penting :)

    BalasHapus
  19. artikelnya asik asik.
    lanjutkan mas share artikel yang bermanfaat

    BalasHapus
  20. maksimaaal. ini yang saya butuhkan untuk bisa nulis artikel berkualitas. makasih

    BalasHapus
  21. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... www.okartikel.com

    BalasHapus
  22. Terimakasih untuk informasinya, saya newbie. Merasa sangat terbantu dengan adanya postingan ini

    BalasHapus
  23. terima kasih informasinya, sangat membantu

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.