Cara Menulis Artikel di Blogger

menulis artikel
Cara Menulis Artikel di Blogger - Setelah anda membuat blog  dan memiliki blog di blogger, tentu Anda tidak sabar lagi untuk mengisinya dengan artikel-artikel yang nantinya Anda publish. Nah, jika sebelumnya Anda sudah mengenal menu yang ada di dalam blogger pada halaman postingan, mungkin sudah tidak sulit lagi untuk menulis artikel. Namun masih banyak sahabat kita yang awam dan baru membuat blog di blogger yang belum tahu cara membuat artikel di blog dan mempostingnya. Untuk itu, disini saya akan menjelaskannya secara detail.

Karena hampir 99% kegiatan blogging adalah menulis, hal yang paling dasar yang wajib kita ketahui adalah menulis artikel serta mempublikasikannya sehingga dibaca oleh pengguna internet lainnya. Untuk menulis artikel di blogger tidak sulit, jika Anda sudah pernah menulis surat atau tugas sekolah/kuliah pada Microsoft Word, menulis artikel di blog tidak lagi menjadi hal yang sulit dan membingungkan. Karna fungsi menu pada icon halaman postingan blog hampir seluruhnya terdapat pada MS. Word.

Menulis Artikel di Blog


Untuk menuju halaman menulis atau membuat artikel di blog anda harus:

1. Login ke blogger
2. Klik icon yang berlambangkan pena untuk membuat entri baru seperti dibawah ini

membuat artikel di blog

3. Selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman menulis artikel seperti gambar dibawah ini

menulis artikel di blog

A. Keterangan Gambar:

  1. Kotak untuk mengisi judul postingan
  2. Undo dan redo, yaitu untuk mengembalikan keasal semula jika terjadi kesalahan dalam mengedit
  3. Tombol untuk menghapus beberapa kata sekaligus
  4. Tombol untuk memeriksa keakuratan beberapa kata
  5. Tombol untuk merubah jenis font atau huruf
  6. Tombol untuk merubah ukuran besar/kecil huruf
  7. Tombol yang berfungsi untuk merefleksikan huruf
  8. Tombol untuk merubah huruf misalanya :B = tebal huruf I= huruf miring U= huruf bergaris bawah dan ABC untuk mencoret huruf
  9. Tombol yang berfungsi untuk memberi warna huruf dan memblock huruf (terlebih dahulu Anda harus memblock huruf yang akan diberi warna)
  10. Tombol untuk menambahkan link, gambar dan video kedalam artikel yang akan dipostingan (terlebih dahulu anda harus menyiapkan linknya)
  11. Untuk membuat artikel dalam kode HTML
  12. Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa)
  13. Untuk menyesuaikan rata tulisan dan memberikan sub angka serta sub bullet
  14. Untuk membuat atau menambahkan label blog.
  15. Untuk menerbitkan artikel yang sudah siap di ketik
  16. Untuk melihat artikel sebelum diterbitkan.

B. Langkah-langkah memposting artikel:

Jika Anda sudah paham dengan fungsi icon yang Ada pada halaman menulis artikel di blog, utnuk menulis artikel kini tidak lagi sulit.

  • Sebaiknya klik terlebih dahulu “Edit HTML”,jika langsung di mode “Compose”, sering terjadi hang pada komputer (pengalaman saya pribadi). Copy artikel yang telah anda buat sebelumnya, kemudian paste di area posting. Edit sesuai dengan kemauan anda.
  • Klik tombol “compose“ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML).
  • Klik tombol tool yang berlambang “ panorama” berwarna biru, jika anda ingin memasukan gambar ataupun photo untuk menghiasi posting-an anda.
  • Klik tombol “Preview“ untuk melihat hasil posting-an anda yang nantinya akan tampil di dalam blog, barangkali masih ada yang perlu di edit.
  • Klik tombol “publish“. Selesai. Tulisan hasil karya anda akan bisa dilihat dan di baca oleh seluruh dunia.
Saya rasa sudah cukup lengkap apa yang saya jelaskan pada tutorial cara menulis artikel di blogger. Untuk itu saya sudahi saja sampai disini, dan sampai jumpa pada tutorial blogger berikutnya. Namun sebelumnya, jika Anda belum melakukan setelan/settingan terhadap blog, silahkan baca tutorialnya di cara setting menu setelan blogger.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

76 komentar :

  1. blogspot untuk menulis sekarang sangat mudah ya sob dengan mode composenya.. cuma kadang2 agak susah pas mau ngurutin gambarnya sih

    BalasHapus
  2. saya mau numpang nanyak donk . .
    kenapa saya sering mengalami eror ketika ingin mempublish artikel yang sudah saya buat?

    mohon pencerahan & solusinya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sering mengalami hal yang sama seperti Anda. Namun setahu saya hal ini terjadi karena koneksi internet atau jarinagan internet mengalami gangguan atau bisa saja tidak stabil, sehingga mengalami error ketika mempublikasikan artikel.

      Hapus
  3. wah, itu sih gampang...

    yang mau saya cari sebenernya cara buat tulisan yang di cari2 org. Yang buat blog rame di kunjungi dan hasilkan uang.

    BalasHapus
  4. blog ini bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  5. tpi klo sya pilih icon pensil sya gak d'bwah k'gambar yg ke dua,,,gmn tuch bos,,,mhon pencerahannya.

    BalasHapus
  6. Menulis di blog jadi asik kalo begini gan

    BalasHapus
  7. Hmm...siipp..dapat masukan lagi Ane.. trims :)

    BalasHapus
  8. ane baru saja bikin blog, tapi ane masih gaptek soal itu, dan hasilnya sangat berantakan, tolong dong kasih masukan gimana blog ane jadi menarik http:// modelsepatuku.blogspot.com/ 2010 /1...

    BalasHapus
  9. saya baru bikin blog .tp untuk mengisi dlm kolom blog baru saya masih bingung tolong dong .... kasih cara nya biar sy bs mengisi ...... terima kasih

    BalasHapus
  10. Sy baru buat blog pengenx nulis artikel trus bisa ktmu dimesin pencarian google tpi msh bingung mas apa krna pake hp

    BalasHapus
  11. Harus menulis di blogspot? Klu dari MS. Word trus di copy paste kan ke entri nya gak bisa?

    BalasHapus
  12. Harus nulis di blogspotnya langsung? Klu nulis di MS. Word dulu? Baru nanti di copy paste-kan ke entrinya gak bisa?

    BalasHapus
  13. postingannya mantap sangat membantu
    salam yos

    BalasHapus
  14. klo pake hp sulit yah buat nulis blog?

    BalasHapus
  15. terimakasi artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Good article sob... nih bagus buwat di simak... pemirsa...
    trus kalau bole minta share nya.. saya minta cara ganti domain ke bentuk .com, sob... soalnya teralu sulit bagi yang sudah"... soalnya minta yang gratisan gtooo hehehe...trims..

    BalasHapus
  17. Tolong donk pertanyaan dari titik srimulyani di bahas sob, saya juga punya problem yang sama..tanks sebelumnya.

    BalasHapus
  18. Kalo mau nulis di Blog via HP sulit ya?

    BalasHapus
  19. searching2 ketemu artikel ini, sebenarnya yang saya bingungkan lebih ke bagaimana cara bikin artikel yang menarik dan orisinil
    bingung blog mau diisi apaan
    mumpung masih agak antusias

    BalasHapus
  20. cara nambah artikel/postingan yang baru gmn gan?

    BalasHapus
  21. keren mampir gan http://ilmufacebook.blogspot.com/2013/12/cara-mengecek-kecepatan-loading-blog.html

    BalasHapus
  22. bagus ni,, sangat bermanfaat nagi blogger pemula seperti saya.
    kunjung balik gan http://infoduniain.blogspot.com

    BalasHapus
  23. Kalau nulis artikelnya di android kaya semacam responsive gitu men

    BalasHapus
  24. makasih mas, sangat bermanfaat tutorialnya...

    BalasHapus
  25. Keren mas
    makasih atas infonya
    kunjungi blog software terupdate dan game pc http://akangware.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Makasih informasinya ...

    http://dhiya9d.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. selamat malam mas, kalau mas tidak keberatan tolong berikan saya contoh cara penulisan artikel dengan mode html yang benar dan membantu meningkatkan SEO blog saya. terima kasih

    BalasHapus
  28. Aku kan baru buat akun di sini? Aku mau sheree cerbung aku? Tapi aku gak ngerti? Yg ngerti tolong kasi tau yah...makasiih , maklum aku masih smp dan aku pengen belajar :) mksih

    BalasHapus
  29. keren gan...
    kunjungi blog ane gan...ane butuh saran mash newbi didunia blog
    thanks

    BalasHapus
  30. mampir ke bglog ane yh...ditunggu semuanya
    insya allah bermanfaat
    http://asyuhad.blogspot.com/
    atau syuhadanulis

    BalasHapus
  31. Semua panduan sudah diikuti.. Untuk postingan pertama istri yang nulis mengenai baju fashion anak tetapi setelah saya coba search di google ga muncul kecuali ditulis lengkap sampe .com nya.. Mohon dibantu
    Http://nadianabila-banjarbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  32. mantap infonya...
    jangan lupa mampir ke www.klikberiklan.com

    ppc untuk para blogger yg ingin dapat pendapatan

    BalasHapus
  33. cara memindahkan tulisan makalah dari MS Word ke blogger dengan format standar gmn? soalnya klo harus ngetik dari awal akan memakan waktu yang lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa cara untuk memindahkan tulisan dari ms word ke blog, akan tetapi cara sederhananya adalah dengan melakukan copy-paste. untuk cara lain yaitu merubah file .doc ke web page dan lain-lain. semoga bisa membantu

      Hapus
  34. Mas apakah bisa bantu saya bagaimana cara mudah membuat tabel pada blog ?

    BalasHapus
  35. bagus dan padat infonya.. sangat mudah untuk pembaca fahami cara nak tulis blog ini...

    BalasHapus
  36. Terima kasih banyak gan :D

    BalasHapus
  37. Terima Kasih banyak ya gan, dengan baca diblog agan saya punya ilmu baru. makasih banyak ya gan

    BalasHapus
  38. T kasih atas infonya. blog agan baik dan bermutu.

    BalasHapus
  39. Terima kasih banyak ya. Berkah tulisannya. Aamiin.

    BalasHapus
  40. Gan mw nanya nih.. ane kan ngepostnya di android, tp kok nggak bisa ngetik dicompose ya .. trus klo ane ngetiknya di html boleh nggak ya??
    thanks gan (y)

    BalasHapus
  41. Bermanfaat banget nih :D makasih infonya

    BalasHapus
  42. masih bingung nih...??? gimana caranya masukin foto atau menulis artikel di google

    BalasHapus
  43. kalo di handphone nulis artikel bisa ga ya?

    BalasHapus
  44. Kalo nulis artikel lewat hp bisa ga?

    BalasHapus
  45. Smga sllu di beri kemudahan dalam belajar

    BalasHapus
  46. Teman-teman, Sekarang sudah ada aplikasi blogger di play store jd nulis nlog d hp jd lebih mudah..
    Silahkan mencoba...

    BalasHapus
  47. Min, ane baru buat blog, tpi bingung mau nulis apaan, mhon tips triknya min,... thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan tentukan tema apa yang ingin sabat isi dalam blog, dan apa yang Anda sukai untuk mempermudah dan memunculkan ide-ide menulis

      Hapus
  48. Min kalau membuat blog portal berita biar informasi yang kita berikan bagus kepada pmbaca gmna? Ada tips dan trik jitu nya ga?

    BalasHapus
  49. Mau tanya, saya bikin blog tapi ketika di cari di google ko ga ada ya?

    BalasHapus
  50. bagus nih artikelnya :)

    BalasHapus
  51. artikel yang bermanfaat, trims....

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.