Teknik dan Cara Optimasi SEO Off Page

Teknik atau salah satu optimasi SEO adalah SEO Off Page dan SEO On Page. Tutorial SEO yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah menegeni SEO Off Page yang mana sebelumnya saya pernah membahas tutorial seo mengenai SEO On Page. Bagi Anda yang belum membacanya sangat dianjurkan untuk membaca artikel sebelumnya. Sehingga pemahaman Anda mengenai optimasi seo dapat dicerna secara menyeluruh.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai seo off page, alangkah baiknya saya membahasnya dari dasar, baik itu pengertian maupun hal-hal lain yang menjadi faktor seo off page sebuah blog atau website. Dengan demikian bagi Anda yang baru mempelajari tentang seo dapat memahaminya. Perlu saya samapaikan kepada Anda sebagaimana artikel yang pernah saya publis sebelumnya bahwa saya bukan master atau pakar seo, silahkan dibaca. Namun saya adalah salah seorang pengamat teknik seo, artinya saya terus mengamati teknik seo yang dilakukan oleh master-master seo baik master seo indonesia maupun master seo eropa dan negara lain. Dengan demikian dari apa yang saya amati saya mengambil kesimpulan, setelah itu saya coba untuk mempraktekkannya sesuai dengan pemahaman saya.

SEO Off Page


Seo off page optimization atau optimasi seo off page dapat dikatakan sebagai optimasi yang dilakukan diluar blog maupun website (dibelakang layar). Artinya dalam optimasi seo off page ini Anda di tuntut untuk membangun sebanyak-banyaknya link yang mengarah ke blog atau website yang Anda miliki dengan artian link building. Banyak memang cara dan teknik yang bisa digunakan untuk optimasi blog dengan teknik seo offpage ini, salah satu yang banyak digunakan oleh para webmaster adalah dengan mendapatkan backlink yang berkualitas dan dengan kategori dofollow.

Panduan seo mengenai seo off page ini memang tidak mudah, karena Anda harus konsisten untuk mencari dan mendapatkan backlink. Pengamalan seo off page dapat berdampak pada naiknya google pagerank blog atau website (baca: cara mendapatkan pagerank). Selain itu blog/website dan halaman yang terdapat didalamnya juga mampu menduduki peringkat teratas di serp. Bagi Anda seorang internet martketing mungkin teknik seo ini tidak asing lagi bagi Anda, atau Anda sudah menguasainya untuk mendapatkan uang dari blog atau website dengan membuat toko online atau menulis review terhadap klien Anda dengan keyword pasang iklan murah.

teknik optimasi seo off page

Keuntungan menguasai seo off page sangat banyak, salah satu diantaranya adalah dengan membuka jasa seo berkualitas dan murah bagi website yang bisnis oriented dengan memberikan layanan backlik. Jadi ketikan Anda membuka jasa seo tersebut maka salah satu hal yang Anda lakukan adalah mencari backlink yang akan diarahkan ke webite klien Anda dengan harapan websie tersebut menduduki peringkat atas di search engine dengan keyword tertentu.

Cara Optimasi SEO Off Page


Sebenarnya inti dari seo off page adalah backlink berkualitas yaitu mencari sebanyak-banyak backlink dofollow yang mengarah ke blog atau website anda diantaranya backlink dari situs-situs seperti di bawah ini.

1. Social Bookmark

Untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

2. Forum

Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

3. Artikel Directory

Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

4. Website Directory

Salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada pengunjung blog anda (baca: cara meningkatkan pengunjung blog), kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

5. Social Media

Sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.

Sebelum Anda melakukan optimasi seo off page, saya mengingatkan kepada Anda untuk tidak melakukan optimasi secara berlebihan, karena dampaknya sangat fatal yaitu blog dihapus google karena dianggap sebagai spam. Untuk mendapatkan backlink dari situs yang telah saya sebutkan diatas lakukan secara berkala yaitu dengan 3 sampai 4 backlink per-harinya. Silahkan lihat daftar forum dan situs social bookmark dofollow untuk berburu backlink.

Sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin membagikan informasi kepada Anda, yaitu jika Anda ingin menguasai SEO dan internet marketing serta web development, sekarang telah dibuka kursus seo dan internet marketing terbaik di jakarta. Jadi untuk mempelajari seo tidak perlu lagi secara otodidak seperti saya, karena memakan waktu yang sangat lama. Dengan mengikuti kursus seo, maka Anda akan menjadi lebih unggul dan Anda juga dapat menguasai teknik optimasi seo off page dan teknik seo on page secara mendalam lagi.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

24 komentar :

  1. Saya baru membuat website toko online , dan berusaha membuat backlink dari blog comment ,pas saya cek di majesticseo kenapa baru satu backlink yang di index ya dari comment itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari komentar di blog ya untung-untungan juga mas karena, tidak semua komentar blog berlabel dofollow link'a, dan juga untuk menghasilkan backlink berkualitas ya mutlak harus link dofollow.

      Hapus
  2. kemungkinan link yang Anda tanam dengan berkomentar di blog lain belum di telusuri oleh robot google, sehingga belum terindex atau link tersebut bersifat nofollow.

    BalasHapus
  3. Apakah benar kalau google plus juga bisa untuk seo?
    Thanks

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bagus,full informasi tentang cara promosi blog,thank gan, ilmu ane tentang seo sudah bertambah.

    BalasHapus
  5. Tanya gan, jika kita menanam backlink pada situs dofollow, apakah akan mempengaruhi peningkatan SERP ataupun pagerank?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berpengaruh, namun yang terpenting adalah kualitas serta rasio dan penempatan keyword dalam sebuah artikel.

      Hapus
  6. Terima kasih banyak untuk masukan dan infonya gan
    akan segera di coba nanti
    jangan lupa kunjungi saya yah gan di
    http://belajarblog54.blogspot.com

    BalasHapus
  7. intinya kita harus aktif diwebsite orang agar terbangun seo off page ya gan?

    BalasHapus
  8. Cara penulisan back link ini gmana gan?? Mohon Infonya,, mash belajar optimasi,, http://riffafurniture.com ...apa bener cman tulis alamat web kayak gitu??? Makash

    BalasHapus
  9. Artikel yg sangat membantu bagi niwbie saya ini...ciri2 web yg dofollow yg kaya apa gan? Hehee

    BalasHapus
  10. Makasih sob infonya, sangat bermanfaat coeg, jadi pengen coba web directoy. Kalo bisa kasi situsnya juga biar bisa submit.
    @Rifqi: Caranya, agan harus bikin komentar, lalu sisipkan link agan dgn cara ketik, lihat disini: (http://4.bp.blogspot.com/-qYcMswM9jxw/VHANP6-zCMI/AAAAAAAAAHo/Oq4sPA3WzEI/s1600/Untitled.png). Tapi biasanya admin nganggapnya sebagai SPAM. Lebih baik pakai akun Open ID aja, nama akunnya kita ubah jadi kata kunci yang kita tuju untuk blog kita.

    BalasHapus
  11. gan, website directory yang terkenal dan PRnya tinggi apa-apa aja, mohon dijawab ya?

    BalasHapus
  12. Thanks tutorialnya dan sangat berguna!

    BalasHapus
  13. Thanks gan blog yang sangat bagus dekan kontent yang mencerahkan

    BalasHapus
  14. Wahh infonya bagus gan,, kunjungi balik ya: http://www.bbdroidnv66.net trims

    BalasHapus
  15. aduh, off page lebih berat ternyata

    BalasHapus
  16. Saya senang melakukan social bookmarking di lintas.me , kalau di forum si ads.id

    www.kizeh.com

    BalasHapus
  17. ilmu nya Sangat Berguna bang
    mohon bimbiangan nya saya masi belajar tentang SEO


    http://hfile.wapka.mobi/site_download_lagu_terbaru.xhtml

    BalasHapus
  18. Wah - wah ternyata banyak juga cara optimasi seo nih, kalau saya pakai cara submit di sosbookmark, itu aja jarang saya lakukan, soalnya koneksi internet harus cepat agar bisa submit. Sementara konesi internet sy masih lambat karena kendala budget!

    BalasHapus
  19. mas, materinya boleh saya kumpulkan dan saya jadikan E-Book Gratisan kah? buat dishare ke para newbie, khususnya pelaja2 SMA yang lagi senang bikin Blog.

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.