Tips Lulus Seleksi Administrasi PPS BRI

Tips lulus seleksi administrasi PPS BRI adalah tahap awal yang harus Anda lewati ketika Anda melamar kerja pada posisi PPS atau dimanapun Anda melamar kerja. Biasanya pada proses recruitment khusurnya seleksi administrasi ini, Anda diminta mengisi sebuah form/atau formulir yang di isi dengan data pribadi Anda terbaru. Untuk proses recruitment khususnya PPS BRI biasanya pengisian formulir lamaran kerja untuk posisi PPS dilakukan secara online ketika Anda mengikuti job expo atau job fair di daerah Anda masing-masing. Namun menurut pengalaman yang saya alami, saat melamar PPS BRI adakalanya Anda juga diminta untuk mengisi formulir lamaran secara manual. Artinya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pada selebaran kertas/form yang ditulis dengan pena, selebaran kertas formulir tersebut akan diberikan oleh panitia penyelenggara recruitment PPS BRI. Adapun contoh formulirnya seperti yang dapat Anda lihat dibawah ini.

formulir lamaran kerja pps bri

Pada formulir lamaran kerja program pengembangan staff (PPS) Bank BRI diatas tampak jelas oleh kita bahwa tidak begitu rumit. Walaupun demikian pada proses seleksi Administrasi PPS BRI ini ternyata banyak juga yang tidak lulus. Mungkin Anda pernah mengalaminya atau bahkan setiap Anda melamar sebagai posisi PPS BRI sama sekali tidak pernah lulus ketahap seleksi berikutnya. Untuk itu, timbul sebuah pertanyaan bahwa apa yang menjadi penyebab ketidak lulusan Anda pada saat seleksi Administrasi ini. Nah, teruskan membaca dan simak secara seksama penjelasan yang akan saya uraikan berikut ini.

Seleksi Administrasi PPS BRI


Banyak diantara kita jobseeker yang beranggapan bahwa ketika melamar sebuah pekerjaan terlalu remeh terhadap seleksi administrasi sehingga mengurangi ketelitian saat mengisi formulir data pribadi. Padahal seleksi administrasi merupakan tahap awal dari segala kesuksesan karir Anda diperusahaan dimana Anda melamar.

Seleksi Administrasi PPS BRI merupakan tahap penyaringan awal untuk menentukan keseuaian berdasarka persyaratan, kualifikasi pelamar kerja. PPS BRI biasanya diadakan di kampus atau Job Fair untuk perekrutan lulusan baru (fresh gradute), para kandidat yang paling memenuhi persyaratan akan diundang untuk wawancara awal. Pemberitahuan ke tahap selanjutnya 2-3 hari dengan diumumkan lewat website BRI dan kandidat mendapatkan SMS langsung dari pihak BRI. Jika Anda mengikuti job expo seleksi admisistrasi biasanya menggunakan input data pribadi secara online. Formnya hampir sama dengan formulir yang di isi secara manual. Jika Anda ingin mengetahuinya Anda dapat kunjungi di e-recruitment bri.

Artikel rekomendasi mengenai PPS BRI
  1. PPS BRI
  2. Tips lulus wawancara awal PPS BRI
  3. Tips lulus tes intelegensia, psikotes, dan bahasa inggris PPS BRI
  4. Tips lulus wawancara akhir PPS BRI
  5. Tips Lulus tes kesehatan PPS BRI

Sekarang bagaimana agar lulus proses recruitment khususnya seleksi administrasi PPS BRI ini? berikut saya akan uraikan tipsnya kepada Anda sehingga meminimalisir kemungkinan Anda tidak lulus seleksi administrasi PPS BRI.

1. Pastikan sebelum melamar PPS BRI bahwa Anda sesuai kualifikasi

Terlalu banyak jobseeker (pencari kerja) yang berbondong-bondong melamar kerja. Namun mereka tidak begitu teliti membaca syarat dan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan saat mengadakan recruitment. Padahal, ada beberapa syarat atau kualifikasi yang diinginkan perusahaan tersebut belum sesuai dengan para jobseeker. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Anda tidak lulus seleksi Administrasi.

2. Benahi cara berpakaian Anda

Proses seleksi Administrasi PPS BRI memang merupakan tahap awal ketika Anda mengikuti recruitment PPS. Namun secara tidak langung, Anda akan dilihat dan dinilai bagaimana cara berpakaian Anda. Sepengetahuan saya, memang tidak Ada batasan berpakaian, akan tetapi cara berpakaian secara psikologis orang dapat menilai pribadi Anda siapa. Berikut saya uraikan bagaimana cara berpakaian yang formil saat melamar kerja baik untuk pria maupun wanita.

Pria:
  1. Celana Panjang Hitam
  2. Kemeja Tangan Panjang Putih, dan
  3. Berdasi warna serasi (jika ingin kelihatan lebih rapi dan formil)
  4. Rambut rapih

Wanita:
  1. Blazer hitam
  2. Kemeja putih
  3. Rok/celana panjang hitam
  4. Dandan tapi normal, jangan seperti dandan buat kondangan
  5. Kalau rambutnya panjang, usahakan jangan di urai, bagusnya di sanggul.
seleksi administrasi pps bri

Cara berpakaian yang saya uraikan diatas tidak mutlak, Anda bisa saja menyesuaikannya sesuai keinginan Anda namun tetap kelihatan formil. Dengan berpakaian rapi seperti diatas, sekaligus memberikan citra positif Anda. Cara berpakaian Anda yang rapih diharapkan membantu diri Anda sendiri dalam seleksi administratif, karena yg pertama kali dilihat adalah penampilan Anda sebagai first impression. Jika yang menyeleksi Anda melihat Anda dengan pakaian yang non formal, maka Anda akan dianggap masih bermental anak muda kuliahan yg ingin bebas dan selengekan dalam berpakaian. Padahal sebagai bankir first impression itu sangat penting.

3. Teliti saat mengisi data pribadi Anda

Ketelitian merupakan hal penting apalagi Anda adalah calon karyawan bank. Saran saya sebelum Anda mengisi formulir lamaran, baca keterangan-keterangannya. Setelah itu isilah perlahan mengenai data pribadi Anda yang terbaru dan usahakan dengan tulisan yang mudah dibaca. Jika Anda memiliki pengalaman kerja uraikan semua pengalaman Anda dari awal perjalanan karir Anda. Karena itu merupakan hal penting yang akan menjadi penilaian saat Anda di wawancarai. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate kolom pengalama kerja tidak perlu diisi. Lakukan pengisian formulir lamaran kerja PPS BRI ini dengan data diri Anda yang sejujurnya, sehingga jika Anda nanti lulus ketahap berikutnya, data yang Anda isi pada formulir lamaran akan ditanyakan saat wawancara kerja.

4. Koreksi kembali formulir lamaran Anda

Sebelum Anda submit formulir lamaran kerja Anda (jika mengisinya secara online) atau memberikan formulir lamaran kerja ke panitia recruitment, alangkah baiknya jika Anda koreksi kembali apa yang Anda isi pada formulir tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pengisian pada formulir lamaran. Kesalahan pengisian formulir lamaran juga perpengaruh terhadap kelulusan Anda untuk mengikuti proses seleksi ke tahap berikutnya, karena dapat dinilai bahwa Anda orang yang tidak teliti dan orang yang tidak teliti sangat fatal untuk masuk kedalam perbankan.

Artikel pendukung lainnya
  1. Tips lulus dan contoh soal psikotes
  2. Psikotes
  3. Tes potensi akademik
  4. Pertanyaan wawancara kerja
  5. Tips sukses wawancara kerja
  6. ODP bank mandiri
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika Anda ingin menambahkan tips lulus seleksi administrasi PPS BRI silahkan tulis melalui kotak komentar dibawah ini. Namun sebelumnya, saya sangat senang sekali jika Anda share/like fanspage dan follow twitter super blog pedia dan memberi G+1 pada artikel ini. Sehingga sahabat, teman, orang terdekat Anda yang ingin melamar sebagai PPS BRI juga dapat membacanya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.

Pastikan Anda terus mengunjung super blog pedia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar PPS BRI yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya postng, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan dibawah ini.
Dapatkan update artikel tutorial blogger terbaru dan informasi lowongan kerja terbaru serta Ebook Gratis dari Super Blog Pedia yang akan dikirim langsung ke Email kamu.
Share Article :

4 komentar :

  1. i think your web very informative,.thanks for sharing information

    BalasHapus
  2. Sangat membantu. Thanks banget

    BalasHapus
  3. Ka kalau melamar pps bri hanya lewat online aja ? Atau bisa datang ke bank nya langsung ?

    BalasHapus
  4. Mau tanya dong pada saat mengisi formulir pendaftaran di webnya saya salah mengisi nilai ipk saya . Saya tulis 3.27 tapi ternyata saya dapet 3.30. Itu gimana? Mohon pencerahannya. Sedangkan mau ngubah data udah gak mungkin

    BalasHapus


Peringatan penting sebelum berkomentar:

- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui form komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan produknya di super blog pedia, silahkan baca syarat dan ketentuannya di pasang iklan murah.

Terimakasih telah berkunjung ke Super Blog Pedia, semoga artikel dan informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda.